Mei 5, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Wajib Tahu, Ini Pantangan Makan Pasien Gagal Ginjal Kronis

2 min read

Ginjal memiliki fungsi untuk membuang zat sisa metabolit yang diperoleh dari makanan melalui urin. Bila terjadi kerusakan seperti gagal ginjal kronis, maka ginjal secara otomatis akan menggunakan fungsi yang tersisa.

Gagal ginjal kronis adalah kondisi ketika fungsi ginjal menurun secara bertahap akibat kerusakan jaringan ginjal yang progresif dan irreversible.

Berkaitan dengan hal tersebut, makanan yang dikonsumsi para pasien gagal ginjal harus diberikan perhatian khusus untuk meringankan fungsi ginjal yang tersisa. Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita gagal ginjal kronis?

Nutrisionis Instalasi Gizi dan Produksi Makanan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta (RSCM) Yudhi Adrianto menyatakan, makanan yang mengandung tinggi natrium atau sodium dan tinggi gula harus dihindari para penderita gagal ginjal kronis. Sebab, hipertensi dan diabetes adalah contoh penyebab penyakit ginjal terbesar.

Makanan tinggi natrium dan gula yang harus dihindari, di antaranya makanan instan, makanan yang diawetkan menggunakan garam, kornet, ikan sarden kalengan, nugget, hingga makanan dan minuman manis. Selain itu, kandungan garam tersembunyi pada bahan makanan, seperti saus, kecap, dan bumbu penyebab juga harus diperhatikan.

BACA JUGA  Pemkab Serang Targetkan APBD 2023 Mencapai Rp2,68 Triliun

“Kebutuhan natrium atau garam pada pasien ginjal berkisar antara 1.500 mg sampai 2.000 mg atau setara dengan satu sendok teh perhari,” jelas Yudhi melalui video yang diunggah akun YouTube resmi RSCM seperti dikutip, Selasa (25/10/2022).

“Selain itu, kebutuhan gula sederhana bagi pasien ginjal dengan diabetes hanya berkisar antara 5% sampai 10% atau sekitar 25 gram dari 2000 kcal (kilokalori) kebutuhan energi total,” lanjutnya.

Selain natrium dan gula, penderita gagal ginjal kronis juga harus membatasi asupan gizi kalium. Kalium adalah mineral yang dapat menumpuk karena ginjal sudah tidak mampu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Umumnya, kalium terkandung dalam buah-buahan, seperti pisang, mangga, melon, kismis, kurma, air kelapa, alpukat, dan durian.

“Pasien ginjal direkomendasikan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber kalium rendah dan sedang terutama pada buah-buahan, yaitu apel, pepaya, pir, dan semangka,” ujar Yudhi.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia mengimbau para pasien penyakit ginjal atau gagal ginjal untuk melakukan konsultasi kepada ahli gizi untuk memperoleh edukasi dan konseling gizi terutama dalam perencanaan menu dan anjuran makan.

BACA JUGA  Pj Gubernur Al Muktabar Lepas Kontingen Provinsi Banten pada Pornas Korpri XVI 2023 Jawa Tengah

“Sehingga, diharapkan kualitas kualitas hidup pada pasien ginjal dapat optimal dan mempertahankan fungsi ginjal yang tersisa,” katanya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *