Mei 13, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Suhu Bumi Hampir Lewati Ambang Batas

2 min read

Sebuah studi baru menyatakan jika planet Bumi berpeluang 50-50 untuk melampaui ambang batas pemanasan global 1,5 derajat Celcius selama lima tahun ke depan.

Pusat prediksi iklim, yang dipimpin oleh Kantor Met Inggris, mengatakan dalam pembaruan tahunan bahwa ada kemungkinan planet ini untuk sementara melebihi batas suhu global utama, yang telah meningkat secara signifikan.

Pada 2015, para ilmuwan iklim mengatakan tidak ada peluang untuk melampaui 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri dalam lima tahun ke depan. Namun, kemungkinan melebihi level ini ditingkatkan menjadi 10% pada tahun-tahun antara 2017 dan 2021, sebelum naik menjadi hampir 50% untuk periode 2022 hingga 2026.

 

“Ini panggilan 50-50,” kata Kantor Met Inggris dalam siaran pers, dikutip dari CNBC International.

Ini terjadi tak lama setelah Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB memperingatkan bahwa perjuangan untuk menjaga pemanasan global agar tidak melebihi 1,5 derajat Celcius kini telah mencapai wilayah “sekarang atau tidak sama sekali”.

Ilmuwan IPCC juga mengulangi seruan untuk pengurangan substansial dalam penggunaan bahan bakar fosil untuk mengekang pemanasan global, sekarang pada 1,1 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

BACA JUGA  Bersama atasi Kemiskinan, Bupati Serang Kampanyekan ZIS

“Angka 1,5°C bukanlah statistik acak,” kata Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia Petteri Taalas. “Ini lebih merupakan indikator titik di mana dampak iklim akan menjadi semakin berbahaya bagi manusia dan bahkan seluruh planet.”

Target 1,5 derajat Celcius adalah batas suhu global aspirasional yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris 2015.

Ini diakui sebagai target global yang penting karena titik kritis kemungkinan dapat terjadi. Titik kritis adalah ambang batas di mana perubahan kecil dapat menyebabkan perubahan dramatis di seluruh sistem pendukung kehidupan Bumi.

Taalas dari WMO memperingatkan bahwa suhu global akan terus meningkat selama manusia terus mengeluarkan gas rumah kaca.

“Dan di samping itu, lautan kita akan terus menjadi lebih hangat dan lebih asam, es laut dan gletser akan terus mencair, permukaan laut akan terus naik, dan cuaca kita akan menjadi lebih ekstrem,” katanya.

Peringatan suhu juga mengikuti serangkaian peristiwa cuaca ekstrem yang membingungkan di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa kini setidaknya satu tahun antara 2022 dan 2026 akan menjadi yang terpanas dalam catatan, menggusur 2016 dari peringkat teratas, ketika peristiwa El Nino alami memicu suhu.

BACA JUGA  Manchester United Kontrak Kai, Anak Wayne Rooney

Ini juga mengatakan ada peluang 93% dari rata-rata suhu lima tahun untuk 2022-2026 lebih tinggi daripada lima tahun terakhir.[]

 

Sumber: cnbcindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *