April 29, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Resmikan Tol Serang – Rangkasbitung, Jokowi: Harus Pacu Ekonomi Banten

2 min read

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 1- Ruas Serang – Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (16/11/2021). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyebut kalau infrastruktur adalah dasar bagi Indonesia supaya bisa bersaing dengan negara lain.

Jokowi mengatakan tiadanya infrastruktur, maka harga dari barang-barang produksi dalam negeri akan lebih tinggi. Tetapi kalau infrastrukturnya sudah tersedia maka harganya bisa lebih murah dan terjamin distribusinya.

“Berkali-kali saya sampaikan infrastruktur adalah fondasi bagi negara kita ini untuk bersaing dengan negara-negara lain. Artinya yang kita kejar adalah daya saing kita,” kata Jokowi mengutip video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

“Kalau infrastruktur kita siap artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah. Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik,” sambungnya.

Mengutip dari laman Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten, Jalan Tol Serang-Panimbang melintasi Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. Pembangunan jalan tol terbagi menjadi tiga seksi yaitu Seksi 1: Serang-Rangkasbitung (26,5 km), Seksi 2: Rangkasbitung-Cileles (24,1 km), dan Seksi 3: Cileles-Panimbang (33 km).
Pada seksi 1 terdapat satu junction Walantaka dan tiga Exit Tol/Simpang Susun (SS) yaitu SS Cikeusal, SS. Tunjung Teja dan SS Rangkas Bitung. Pada Seksi 2 terdapat 2 SS yaitu SS Cikulur dan SS Cileles. Pada Seksi 3 terdapat 2 SS yaitu SS Bojong dan SS Panimbang. Jalan tol sepanjang 83,6 km ini juga salah satu Proyek Strategis Nasional berdasarkan atas Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *