April 29, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Pemkab Serang Berikan Beasiswa Program Magister di ITB untuk Guru Mapel MIPA

2 min read

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang menjalin kerjasama program beasiswa pendidikan S2 bagi guru SMP untuk dapat berkuliah gratis di F-MIPA Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (6/7/2023).

Sebanyak 32 guru MIPA yang terdiri dari honorer, P3K dan ASN yang telah lolos seleksi pertama program beasiswa Pemkab Serang. Namun, dari 32 orang yang telah lolos seleksi, hanya 30 orang yang memutuskan untuk ikut melanjutkan seleksi pada tahap kedua.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, program tersebut merupakan bagian kerja sama antara Pemkab Serang dengan salah satu perguruan tinggi negeri unggulan itu. “Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa ini untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM, peningkatan dari indikator bidang pendidikan selain dari siswa, juga dari kapasitas guru,” kata Tatu di sela seleksi calon penerima beasiswa.

Menurut Tatu, Kabupaten Serang saat ini membutuhkan guru matematika dan IPA yang mumpuni. Dengan demikian pihaknya memberikan kesempatan yang sama bagi guru untuk meraihnya.

BACA JUGA  Pilar Dorong Pemuda Tangsel Miliki Peran Strategis

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugraha Jaya mengatakan, dari 30 orang yang mengikuti seleksi tahap kedua, hanya lima orang yang dipilih untuk mendapatkan program beasiswa kuliah di ITB dengan total anggaran mencapai Rp 1,2 Miliar.

“Nah dari 32 orang ini kami lakukan tahapan seleksi kemarin melalui wawancara dan pembekalan-pembekalan yang sifatnya muatan psikologis. Dari hasil tes tersebut kita akan melakukan skoring dan terakhir ada sidang pleno yang untuk menentukan 5 terbaik dari sejumlah peserta yang sekarang mengikuti,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Asep, lima orang yang terpilih tersebut, akan dibagi ke dalam 2 prodi yakni Matematika dan jika IPA. “Ini angkanya ganjil bisa saja nanti posisi matematikanya 3 IPA-nya dua atau malah sebaliknya,” imbuhnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Sementara itu, Dekan FMIPA ITB, Prof Wahyu Srigutomo mengatakan, dari serangkaian tes dan tahapan yang dilakukan terhadap para calon mahasiswa, pihaknya juga akan melihat kesiapan dan adaptasi yang akan dijalani selama pembelajaran. Para penerima beasiswa harus dipastikan mampu menyelesaikan program beasiswa hingga lulus.

BACA JUGA  2 Minggu PTM 100% Berjalan, Pemkot Kembali Lakukan Surveilans Aktif di Lingkungan Sekolah

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Sejumlah program beasiswa yang digulirkan Pemkab Serang diantaranya beasiswa 1.350 siswa SD, beasiswa 1.392 siswa SMP, dan beasiswa 386 siswa SD-SMP penghafal Al-Quran. Untuk beasiswa perguruan tinggi sejak 2017 sebanyak 1.268 mahasiswa dan bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Ada juga beasiswa untuk guru PAUD.[Adv]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *