Juni 13, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Jemput Bola, Bapenda Kabupaten Serang Buka Layanan Pajak Keliling

2 min read

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang terus melakukan upaya jemput bola melalui layanan mobil keliling untuk memberikan pelayanan pajak terhadap masyarakat Kabupaten Serang. Layanan mobil keliling tersebut diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang jauh dari pusat pelayanan dan daerah yang capaian pajaknya rendah.

Kabid Penagihan Verifikasi dan Pemeriksaan pada Bapenda Kabupaten Serang, A Nizamudin Muluk mengatakan, pembuatan layanan Mobil Keliling (Moling) sendiri bertujuan mendekatkan layanan kepada masyarakat dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat membayar pajak.

“Kabupaten Serang memiliki daerah yang sangat luas, masyarakat kadang malas ke Bapenda hanya untuk melakukan konsultasi ataupun pengecekan, makanya kita melakukan pelayanan keliling agar masyarakat dekat,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 14 Agustus 2023.

Ia mengatakan, pada layanan Moling yang dilakukan oleh Bapenda Kabupaten Serang ada beberapa jenis pelayanan yang dapat diakses oleh masyarakat khususnya layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Jenis pelayanannya bisa melakukan pembayaran pajak pengaktifan karena banyak sekali di masyarakat yang belum melakukan pengatifna dari tahun lama itu bisa diaktifkan di situ dan bisa langsung dibayar ke Bang Jabar,” katanya.

BACA JUGA  Rajin Kunjungi Ulama, Pilar Didoakan Sukses

Selain itu, pihaknya juga dapat mengakses layanan lainnya seperti pelayanan mutasi, balik nama dan juga pemecahan SPPT.

“Ada juga konsultasi pajak daerah, di situ masyarakat bisa melakukan konsultasi pajak daerah ketika ada permasalahan pajak yang belum dimengerti bisa ditanyakan di situ,” imbuhnya.
Saat ini ada sekitar 252 Desa yang sudah dilakukan upaya jemput bola untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar PBB.

Kepala Bapenda Kabupaten Serang Mohamad Ishak Abdul Raup

“Untuk PBB sudah sangat signifikan, dari Moling sudah sekitar Rp 704.951.717 dari sejumlah SPPT terlayani 7.983 di 252 Desa di Kabupaten Serang. Ini masih terus berjalan, kita biasanya di hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis,” jelasnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Dalam melakukan layanan mobil keliling, pihaknya menargetkan Desa yang jauh dari lokasi pelayanan dan juga membuka pelayanan di event-event besar seperti halnya Roadshow LKBA Kabuoaten Serang 2023.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

“Sasaran utama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh dan terendah capaian pajaknya. Kita langsung datang ke titik itu, termasuk kegiatan LKBA, kita hadir untuk melayani masyarakat ketika ingin konsultasi dan lain sebagainya,” pungkasnya.[Adv]

BACA JUGA  Perhatikan Keamanan dan Kenyamanan Pengendara, Dishub Kabupaten Serang Pasang PJU di Sejumpah Wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *