Juni 13, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Tingkatkan Pelayanan pada PPKS, Dinsos Kabupaten Serang Lakukan Pembinaan dan Pendampingan PSKS

2 min read

Dinas Sosial Kabupaten Serang terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) melalui keterlibatan dan peran aktif Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang menjadi binaan Dinas Sosial Kabupaten Serang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang  Subur Priyanto menjelaskan, terdapat tujuh PSKS yang menjadi binaan Dinas Sosial Kabupaten Serang diantaranya  Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Karang Taruna, Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas). Sementara terdapat dua pendamping program yaitu Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) serta Pendamping JAMSOSRATU.

“PSKS ini memliki tugas dan peran yang berbeda-beda dalam menjembatani kebutuhan PPKS terhadap pemerintah. Sehingga diharapkan semua masyarakat mengetahui keberadaan PSKS tersebut didaerahnya masing-masing sebagai penghubung dan sarana pengaduan jika ada masyarakat yang tidak mampu atau PPKS membutuhkan penanganan masalah sosialnya. Sementara pendamping program memiliki tugas yang lebih spesifik yaitu mendampingi masyarakat penerima manfaat program PKH dan Jamsosratu,” papar Subur.

BACA JUGA  Bupati Serang Ajak Pemuda Cintai Koperasi

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang  Subur Priyanto

Dalam rangkan terus meningkatkan semangat dan kinerja bagi para PSKS dan pendamping program tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Serang pada Tahun 2023 telah menyelenggarakan kegiatan Rapat koordinasi rutin dalam rangka pembinaan dan evaluasi pelaksanaan penanganan PPKS serta pelaksanaan program.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

“Kegiatan ini juga diharapkan menjadai forum sharing informasi dalam penanganan PPKS dan konsolidasi antara PSKS, Pendamping dan Dinas Sosial,” terang Subur.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Untuk diketahui, berikut data jumlah PSKS dan pendamping program hingga tahun 2023 yakni TKSK berjumlah 29 orang, PSM berjumlah 340 orang, LKS berjumlah 74 Lembaga, Pensosmas berjumlah 29 orang, LK3 berjumlah 1 Lembaga (7 orang), Karang Taruna berjumlah 355 orang, TAGANA berjumlah 199 orang, Pendamping PKH berjumlah 118 orang, dan Pendamping Jamsosratu berjumlah 57 orang.[Adv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *