Mei 5, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Hari TBC Sedunia, Puskesmas Sukasari Gelar Bestiebi

2 min read

Memperingati Hari Tubercolosis (TBC) se-dunia, Puskesmas Sukasari, Kecamatan Tangerang menggelar Bestiebi atau Bareng Sekolah Investasi untuk Eliminasi TBC Selamatkan Bangsa, di SMP Negeri 4 Kota Tangerang, Kamis (24/3/22)

Dalam moment ini, Puskesmas Sukasari menggelar kampanye edukasi terkait TBC. Mulai dari pengenalan dan pencegahan penyakit TBC atau TB Paru, obat-obatan TBC hingga mengajak para pelajar untuk melihat langsung bentuk virus TBC lewat mikroskop.

Kepala Puskesmas Sukasari, dr Efi Handayani mengungkapkan TBC merupakan penyakit infeksi yang mudah menyebar bahkan lewat tetesan kecil sekalipun, seperti batuk dan bersin. Penyakit ini menyerang alat pernapasan manusia yaitu paru-paru sehingga jika tidak diantisipasi bisa fatal akibatnya.

“Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri cukup kurang. Padahal penyakit TBC atau TB Paru ini adalah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Dengan itu, kita menggandeng para pelajar sebagai penerus bangsa, untuk mempelajari penyakit TBC ini secara lebih mendalam lagi,” ungkap dr Efi.

BACA JUGA  Pemprov Banten Angkat Juru Bicara Gubernur dan Wagub

Lanjutnya, setelah para pelajar mengetahui apa aitu TBC, bahaya kematiannya yang melebihi virus covid-19 serta lamanya masa pengobatan. Diharapkan, para pelajar dapat menjadi agent informasi kesehatan untuk keluarga di rumahnya.

“Bahwa ini bukan penyakit ringan, dengan itu bisa mengajak ibu bapak dan keluarga lainnya untuk tidak ragu memeriksakan diri jika mengalami sakit batuk dalam jangka panjang. Setidaknya lebih dari dua diimbau untuk segera diperiksa di Puskesmas. Semua pelayanan, pemeriksaan hinga obat-obatan sampai sembuh gratis di Puskesmas Kota Tangerang,” tegasnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *