Mei 6, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Wali Kota Tangsel Instruksikan Jajarannya Tertibkan PMKS yang Menjamur Jelang Lebaran 2023

2 min read

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menginstruksikan kepada jajarannya untuk menertibkan kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Menurut dia, biasanya bermunculan anak jalanan (anjal), pengemis, dan pengamen jalanan menjelang Lebaran.

“Sudah saya instruksikan kepada Dinas Sosial (Dinsos) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan penertiban kepada para pengemis yang biasa menjamur menjelang Lebaran kayak gini,” ujarnya saat dijumpai Tempo, Jumat, 14 April 2023.

Pemerintah Kota Tangsel, Benyamin berujar, akan menindaklanjuti jika mereka melanggar Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban Umum. Menurut dia, Pemkot bakal menawarkan PMKS yang tinggal di luar Tangsel untuk pulang ke tempat masing-masing.

Opsi lain adalah menitipkan mereka ke panti sosial. Benyamin menuturkan, Pemkot Tangsel memiliki rumah singgah untuk menampung para anak jalanan. Lokasinya di Gg. H. Sahidin Nomor 105B, RT 002/RW 03, Bambu Apus, Kecamatan Pamulang.

“Atau kami titipkan ke Dinsos Jakarta yang ada di Pasar Rebo di Jakarta,” ucapnya, dilasnir tempo.co.

BACA JUGA  Pengembangan Pariwisata Dorong Aktivitas Ekonomi Masyarakat

Selain itu, Pemkot Tangsel membuka kesempatan kepada anak jalanan, manusia gerobak, manusia silver, hingga anak punk yang ingin mencari pekerjaan. Nantinya, pemerintah daerah bakal melatih mereka di Balai Latihan Kerja (BLK) untuk siap bekerja.

Benyamin Davnie mengecam jika ada kelompok PMKS yang berupaya memperoleh penghasilan, tapi dengan mengeksploitasi kemiskinan. Mantan politikus Partai NasDem ini tak mendetailkan bentuk eksploitasi yang dimaksud.

“Jangan mengeksploitasi kemiskinan, eksploitasi anak-anak terlebih lagi, kami akan lakukan penertiban,” katanya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *