Juli 12, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Ini Upaya Pemprov Banten dalam Mengendalikan Harga Pangan

1 min read

Inflasi di Provinsi Banten tetap berada dalam kendali yang baik, menurut Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten, Virgojanti.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan September 2023, angka inflasi di Provinsi Banten secara Year on Year (y-o-y) hanya sebesar 2,04 persen.

Meskipun demikian, Virgojanti mengungkapkan bahwa masih ada beberapa komoditas pangan yang harganya berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah, seperti beras, gula, dan cabai rawit.

Virgojanti menjelaskan bahwa kendali inflasi yang baik memerlukan perhatian khusus terhadap harga komoditas pangan.

Di Provinsi Banten, terdapat perbedaan harga antar Kabupaten/Kota, yang dapat memengaruhi stabilitas harga. Oleh karena itu, penanganan inflasi harus disesuaikan dengan keadaan setempat.

Pemprov Banten juga memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dapat digunakan dalam situasi darurat. Saat ini, upaya operasi pasar dan penyaluran beras SPHP sedang dilakukan untuk menjaga stabilitas harga.

Selain itu, Virgojanti meminta Tim Satgas Pangan Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota untuk terus mengawasi distribusi beras SPHP guna mencegah penyelewengan.

BACA JUGA  Rekomendasi Film Akhir Pekan, 'Ad Astra' Bisa Jadi Film Pilihan Anda

Dengan kerja sama yang baik, Provinsi Banten berusaha menjaga inflasi tetap terkendali dan harga pangan tetap terjangkau bagi masyarakat.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *