December 7, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Hadiri Dies Natalis UIN SMH Banten, Erick Thohir: Siap Kolaborasi Pengembangan Research and Development (RnD)

2 min read

Menteri BUMN Erick Thohir akan kolaborasikan penelitian sejumlah kampus di Banten dengan BUMN. Kerja sama BUMN dan perguruan tinggi bisa dilakukan dalam bentuk pengembangan Research and Development (RnD).

Dia mengatakan, saat ini BMUN tengah melakukan transformasi mulai dari sumber daya manusia hingga transformasi digital. Transformasi di lingkungan BUMN, termasuk bagaimana kerja sama penelitian dan bisnis dengan universitas.

“Supaya RnD-nya kita support, sehingga kita kita bisa mendorong temuan anak bangsa jadi market,” kata Erick Thohir saat hadir di Dies Natalis UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ke-59, Kota Serang, Rabu (20/10/2021).

Erik mencontohkan, penelitian itu bisa berbentuk bagaimana penelitian dan pengembangan alat kesehatan, obat-obatan, dan lain-lain. Apalagi, selama ini BUMN memiliki rumah sakit yang justru bisa disinergikan dengan mahasiswa dan lulusan-lulusannya.

“Penting yang namanya talenta, ini jadi kunci transformasi human capital,” katanya.

Bahkan, ia juga tidak hanya mengajak rektor-rektor di Banten untuk menemukan talenta mahasiswa bisa bertransformasi dan melakukan kolaborasi bersama BUMN. Dia mengajak rektor seluruh Indonesia membuat roadmap pengembangan dan transformasi mahasiswanya agar bisa link and match dengan BUMN Indonesia.

BACA JUGA  Peringati Hari Pancasila, Kotret dan JMSI, Hunting Foto di Kampung Pancasila

“Ayok rektor-rektor di Indonesia kita buat roadmap bagaimana memberikan impact dari keterbukaan lapangan kerja. Karena kita tidak mungkin terus mengeluarkan mahasiswa tapi lapangan kerja tidak tercipta,” katanya.

Pemetaan ini, kata Erick, harus dilakukan bersama-sama semua unsur. Apalagi, di era digital saat ini, banyak pekerjaan baru tercipta. Di sisi lain, jenis-jenis pekerjaan lama pun banyak yang hilang.

“Kami sangat terbuka melakukan program magang, sinergitas di universitas-universitas untuk memastikan talenta-talenta terbaik ini sangat penting,” katanya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *