May 11, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Yang Mau Diet, Ini Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

3 min read

Memiliki tubuh yang ideal adalah idaman banyak orang. Namun, demi mewujudkan hal tersebut butuh proses dan usaha. Selain itu, diet baiknya dilakukan dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang menginginkan tubuh ideal dalam waktu cepat, berikut tujuh cara turun berat badan dalam waktu 1 minggu dirangkum dari Healthline:

1. Makan sedikit karbohidrat dan banyak protein

Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat dengan mengikuti diet rendah karbohidrat. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, bahkan menyehatkan.

Penurunan asupan karbohidrat dalam jangka pendek juga dapat mengurangi berat air dan meminimalisir terjadinya kembung. Anda harus memastikan untuk makan banyak protein yang dapat membantu mengurangi nafsu makan Anda, serta meningkatkan metabolisme.

ilustrasi nasi padangHindari karbohidrat berlebih adalah salah satu cara turun berat badan dalam 1 minggu Foto: Istockphoto/ MielPhotos2008)

Sangat penting untuk secara drastis mengurangi semua karbohidrat dan gula hingga tepung-tepungan selama seminggu. Ganti jadah karbohidrat dengan sayuran rendah karbohidrat dan tingkatkan asupan telur, daging tanpa lemak serta ikan.

BACA JUGA  Diet PCOS: Makanan yang Dikonsumsi dan Dihindari

2. Hindari junk food

Ketika Anda mencoba menurunkan berat badan dengan cepat, ada baiknya untuk menghindari makanan cepat saji atau junk food. Makanlah sebagian besar protein tanpa lemak dan sayuran rendah karbohidrat.

3. Atur asupan kalori

Cara turun berat badan dalam 1 minggu yang berikutnya adalah mengatur atau mengurangi asupan kalori. Ada beberapa tips sederhana untuk mengurangi asupan kalori yaitu:

Hitung kalori makanan Anda: Perhitungkan dan catat makanan yang Anda makan. Gunakan alat penghitung kalori untuk melacak jumlah kalori dan nutrisi yang Anda konsumsi.

Makan ketika lapar: Kurangi semua camilan dan jangan makan apapun ketika sudah larut malam.

Kurangi bumbu: Jangan terlalu banyak memasukkan bumbu-bumbuan pada makanan Anda dan jangan gunakan saus pada kalori.

Makan lebih banyak sayuran: Isi piring Anda dengan sayuran dan batasi karbohidrat bertepung dan lemak tambahan selama seminggu.

Pilih protein tanpa lemak: Pilih protein rendah lemak seperti ayam dan ikan.

Ilustrasi memasak daging salmonMemilih makanan kaya protein jadi salah satu cara turun berat badan dalam 1 minggu (Foto: Picjumbo)

4. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membakar lemak. Selain itu, olahraga juga efektif untuk meningkat metabolisme tubuh seseorang.

BACA JUGA  Resep Resep Belut Masak Krengsengan

Latihan ketahanan seperti angkat beban dapat menghasilkan jumlah penurunan berat badan yang sama seperti latihan aerobik biasa. Hal ini juga membantu Anda atau mempertahankan massa dan kekuatan otot.

Part of young man in sportswear doing squat at gymCara turun berat badan dalam 1 minggu lainnya adalah dengan rutin berolahraga (Foto: iStockphoto/g-stockstudio)

Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT/High-Intensity Interval Training) juga sangat efektif untuk dilaksanakan. Penelitian menunjukkan bahwa lima sampai 10 menit HIIT dapat menurunkan berat badan sebanyak lima kali lipat lebih efektif.

Seperti angkat badan, latihan ini dapat dengan cepat mengurangi simpanan karbohidrat otot dan juga meningkatkan aspek penting lainnya seperti metabolisme dan hormon pembakar lemak. Anda dapat melakukan HIIT tiga hingga empat kali seminggu.

5. Ubah gaya hidup

Perubahan gaya hidup sederhana seperti jalan kaki atau bersepeda, naik tangga, lebih banyak berdiri atau bahkan membersihkan rumah dapat membantu Anda membakar banyak kalori.

6. Lakukan puasa intermiten

Puasa intermiten dalah cara lain yang efektif dan terbukti untuk menghilangkan lemak. Puasa ini memaksa Anda untuk mengurangi asupan kalori. Jika Anda menggabungkan puasa dengan olahraga, aturlah jam puasa dan olahraga Anda dengan baik.

BACA JUGA  Ingin Langsing? Lakukan Cara Diet yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

7. Kurangi retensi air

Cara yang terakhir untuk turun berat badan Anda dalam 1 minggu adalah mengurangi berat air. Misalnya:

Ambil ekstrak dandelion: Suplemen yang disebut ekstrak dandelion dapat mengurangi retensi air.

Minum kopi: Kopi adalah sumber kafein yag sehat. Studi menunjukkan bahwa kafein dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dan menghilangkan kelebihan air.

Ketujuh cara turun berat badan 1 seminggu di atas bisa mulai dilakukan perlahan. Atur pola makan, olahraga, dan porsi istirahat yang baik agar terhindar dari kelelahan bahkan sakit.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *