December 7, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Vitamin C dari Suplemen atau Makanan, Manakah yang Lebih Baik?

2 min read

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Asupan yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Beberapa manfaat vitamin C lainnya yaitu mencegah risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi risiko penyakit mata, dan bahkan menjaga kulit tetap sehat.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, kebutuhan vitamin C harian orang dewasa sehat adalah 90 gram untuk laki-laki dan 75 gram untuk perempuan.

Apabila orang sehat mengonsumsi lebih dari anjuran tersebut, tubuh akan kelebihan vitamin C akan dikeluarkan dari tubuh.

Vitamin C atau asam askorbat bersifat larut air sehingga tubuh tidak bisa menyimpannya terlalu lama. Kelebihan vitamin selanjutnya terbuang lewat urine.

Hal ini menjadikan Anda membutuhkan asupan vitamin C setiap hari. Tubuh manusia pun tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri.

Oleh karena itu, Anda perlu memperoleh asupan nutrisi ini setiap hari, baik melalui suplemen atau makanan sumber vitamin C.

Suplemen atau makanan vitamin C, mana lebih baik?

Banyak kalangan yang berpendapat lebih sehat untuk mendapatkan vitamin C dari sumber alami, seperti sayuran atau buah-buahan.

BACA JUGA  Dilantik Kali Kedua, Tatu-Panji Komitmen Tuntaskan Program

Sementara itu, sebagian kalangan lain lebih memilih minum suplemen vitamin karena lebih praktis dan mudah ditemukan di apotek.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa tubuh dapat menyerap vitamin C dalam jumlah yang sama baik dari suplemen maupun makanan.

Tubuh manusia tidak dapat membedakan saat menyerap vitamin C sintetis atau alami. Hal ini terjadi karena keduanya memiliki struktur kimia identik.

Itu artinya, minum suplemen vitamin C 50 mg punya manfaat sama dengan makan satu buah jeruk (kurang lebih 100 gram) yang mengandung 50 mg vitamin C.

Hal ini pada akhirnya menunjukkan bahwa asupan vitamin C dari suplemen atau makanan sama-sama baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *