April 25, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Virtual Jobfair Kota Tangerang, 4.031 Pencaker Terserap Kerja

2 min read

Sukses menggelar tujuh kali program virtual job fair selama pandemi covid-19. Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) mencatat ada 4.031 pencari kerja (pencaker) yang berhasil terserap kerja, selama virtual jobfair berlangsung.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan, Disnaker Kota Tangerang, Mualim mengungkapkan untuk total perusahaan yang selama ini sudah berpartisipasi sebanyak 209 perusahaan. Mulai dari perusahaan pembiayaan, teknologi informasi hingga garmen dan banyak lainnya.

Saat ini jumlah pencari kerja, diungkapkan Mualim juga mengalami penurunan. Terlihat dari data 2020 tercatat ada 16.767 pencari kerja. Sedangkan pada 2021 menurun menjadi 13.588 pencari kerja.

“Jika lihat datanya 0,9 persen di 2020 dan 0,7 persen di 2021 dari jumlah penduduk. Semoga angkanya terus membaik diiringi dengan beragam pelatihan yang digelar Disnaker,” ungkap Mualim, saat dihubungi, Sabtu (16/10/21).

Sementara itu, upaya mengurangi pencari kerja, Disnaker telah melakukan berbagai upaya lainnya. Seperti pelatihan berbasis kewirausahaan dengan 22 program pelatihan yang menyasar ratusan warga Kota Tangerang.

BACA JUGA  Bupati Serang: Singkong Alternatif Pengganti Nasi

“Pelatihan tersebut diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk menjadi pengusaha mandiri yang bisa menciptakan lapangan kerjanya sendiri,” jelasnya.

Selain pelatihan berbasis kewirausahaan, ada juga pelatihan berbasis kompetensi yang meliputi pelatihan menjahit, perhotelan, design grafis, komputer dan tata boga serta montir. “Ada 20 kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang kita laksanakan melalui BLK. Setahun targetkan 400 peserta ikut pelatihan tersebut,” tutup Mualim

Diketahui, Disnaker arahannya sebagai ujung tombak perluasan kesempatan kerja masyarakat Kota Tangerang. Sehingga, Disnaker terus berupaya untuk menjembatani dari SDM ke perusahaan formal maupun informal yaitu berwirausaha.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *