October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Optimalisasi Pajak Daerah, Bapenda Kabupaten Serang Lakukan Validasi Data PBB-P2

2 min read

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang terus berkomitmen untuk terus meningatkan pajak daerah di Kabupaten Serang dengan berbagai upaya, salah satunya mengejar penyelesaian pendataan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2).

Melakukan pendataan PBB-P2 merupakan program unggulan dan berkelanjutan yang terus dilakukan Bapenda Kabupaten Serang. Mengingat batasan anggaran dan pembatasan waktu pelaksanaan. Sebelumnya pada 2014, dari KPP Pratama  hanya database saja, tidak disertakan file atau dokumen blok PBB-P2 nya. Oleh karenanya, Bapenda Kabupaten Serang harus membuat ulang pemetaan atas data PBB-P2.

“Jadi ketika pengalihan PBB-P2 data pengelolaannya tidak sepenuhnya diserahkan oleh KPP Pratama, terutama kaitan dengan penyedian peta blok objek PBB-P2. Oleh karenanya secara rutin setiap tahunnya kita mengadakan kegiatan pendataan,” papar Kabid Perencanaan dan Pengendalian pada Bapenda Kabupaten Serang Ikhwanusofa, Rabu (2/6).

Ikhwan mengungkapkan, setiap tahun cakupannya maksimal 3 kecamatan dan minimal 1 kecamatan. Saat ini, jelasnya, karena dimasa pandemi ini, cakupan kegiatan pendataan  hanya satu kecamatan saja.

BACA JUGA  Unggah Foto Anak Terbaring di Peti Jenazah, Karen Idol Bikin Status Menyentuh

“Pendataan ini manfaatnya meningkatkan validitas data PBB supaya kita mengetahui objek PBB mana yang sebetulnya ada dan yang tidak ada,” terangnya.
Bapenda Kabupaten Serang Validasi Data PBB-P2

Kabid Perencanaan dan Pengendalian pada Bapenda Kabupaten Serang Ikhwanusofa

“Karena ada beberapa objek yang diserahkan itu ketika kita dalami ada yang dobel anslaagh (lokasi objeknya satu tapi ada dua tagihan). Maka kita pandang perlu dilakukan pemetaan ulang sehingga kita bisa mengetahui objek sebenarnya ada berapa dan potensinya berapa,” terangnya.

Digitalisasi Pelayanan

Untuk meningkatkan akuntabilitas dan potensi retribusi, Bapenda Kabupaten Serang juga melakukan transformasi pengelolaan retribusi dari manual menjadi digitalisasi. Bapenda Kabupaten Serangtelah membuat aplikasi untuk pengelolaan retribusi.

Dongkrak PAD, Bapenda Kabupaten Serang Berikan Pelayanan Prima - diksinews

Kepala Bapenda Kabupaten Serang Deddy Setiadi

Kepala Bapenda Kabupaten Serang Deddy Setiadi mengatakan, Bapenda merupakan koordinator pengelolaan restribusi di Kabupaten Serang. “Pengelolanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD)-OPD. Tetapi pihaknya ingin mewujudkan digitalisasi di transaksi daerah,” katanya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Saat ini aplikasi sudah jadi, dan pihaknya sedang melakukan sosialisasi ke OPD-OPD. Yang menjadi prioritas adalah retribusi pasar, parkir dan laboratorium lingkungan hidup.

BACA JUGA  Dikabarkan Meninggal, Ini Kondisi BJ Habibie Menurut Keluarga

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

“Jadi pengelolaan retribusi yang selama ini manual, kita sedang menggagas untuk membuatkan suatu sistem pengelolaan retribusi yang nantinya kita dorong OPD pengelola retribusi untuk menggunakan aplikasi tersebut, sehingga pelayanannya secara online,” ujarnya.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *