Maret 28, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Tingkatkan Produksi Pertanian, Kelompok Tani di Kabupaten Serang Terima Bantuan Alsintan

2 min read

Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 159 Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Serang. Poktan penerima, tentunya yang sudah terverifikasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Zaldi Duhana mengatakan, secara rinci Poktan tersebut antara lain 56 Poktan mendapat traktor roda 2, satu Poktan mendapat traktor roda 4, kemudian 51 Poktan mendapat pompa air, 40 Poktan mendapat hand sprayer, 6 Poktan mendapat kultivator atau traktor mini untuk holtikultura, 2 Poktan mendapat alat panen padi, 2 Poktan mendapat alat panen padi mekanik, dan 1 Poktan mendapat alat tanam padi mekanik.

“Total ada 159 Kelompok Tani yang dapat bantuan,” tandas Zaldi, saat ditemui dalam acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Alat Mesin Pertanian, di Lapangan Tenis Indoor, beberapa waktu lalu.

Namun ia berharap pada Poktan agar tidak bergantung sepenuhnya pada bantuan. Diharapkan dari satu alat yang diberikan, dengan manajemen usaha tani yang baik. Sehingga, mereka bisa membeli traktor baru dengan tabungan sendiri.

BACA JUGA  Lampaui Target, Realisasi Investasi Kabupaten Serang Tahun 2022 Capai Rp6,715 T

Bantuan alat pertanian untuk kelompok tani setiap tahun selalu ada. Bantuan ada yang diberikan langsung melalui Distan dari Kementan, ada juga yang melalui rekomendasi beberapa anggota DPR RI Dapil Kabupaten Serang. Dari total 1.942 kelompok tani se-Kabupaten Serang, saat ini sudah sekitar 60 persen yang mendapat bantuan Alsintan.

Sementara itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy juga mengatakan, alsintan bisa digunakan dari hulu sampai hilir proses pertanian, seperti olah lahan, tanam, panen, hingga pascapanen.

“Alsintan memiliki banyak manfaat untuk pertanian. Salah satunya membuat pertanian lebih efektif dan efisien. Dengan alsintan, sejumlah proses pertanian bisa dilakukan oleh sedikit orang,” kata Sarwo.

Sarwo menambahkan, alsintan juga membut proses pertanian selesai lebih cepat. “Misalnya jika dahulu proses pengolahan lahan harus dilakukan berhari-hari dan melibatkan banyak orang, dengan alsintan jenis traktor roda empat, proses tersebut bisa dilakukan oleh satu orang dalam beberapa jam saja,” kata Sarwo.[Adv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *