Maret 28, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Tingkatkan Layanan Perpustakaan, DPKD Kabupaten Serang Siap Buka Fullday

2 min read

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang terus berupaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan.

DPKD menggelar peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kecamatan Ciruas, Kamis (25/7/2019). Acara itu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan dihadiri oleh sejumlah kepala OPD dan pegiat literasi di Kabupaten Serang.

Pada acara itu, DPKD menampilkan pertunjukan seni dari anak-anak di Kabupaten Serang. Mulai dari pertunjukan bercerita hingga tarian daerah. Pertunjukan bercerita ditampilkan oleh Tri Andika Nurohman dan Nur Aisyah Lailatul Fadilah.

Perlu diketahui, Tri Andika Nurohman merupakan peraih juara II pada lomba bercerita kategori SMP/MTs tingkat provinsi mewakili Kabupaten Serang. Sementara, Nur Aisyah Lailatul Fadilah merupakan peraih juara I pada lomba bercerita kategori SD/MI tingkat provinsi mewakili Kabupaten Serang. Nur Aisyah Lailatul Fadilah akan maju dalam lomba bercerita tingkat nasional mewakili Provinsi Banten. Selain penampilan kesenian, juga disediakan stand-stand yang diisi oleh sejumlah sekolah di Kabupaten Serang.

BACA JUGA  Hadir pada Pelatihan Strategi dan Inovasi Belajar, Wali Kota Ingin Guru Bangkitkan Semangat Belajar

Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, kegiatan peringatan hari kunjungan perpustakaan dijadikan sebagai momentum meningkatkan minat baca masyarakat. Entus menilai DPKD Kabupaten Serang sudah melakukan upaya-upaya untuk melakukan hal itu.

Entus menambahka, ditempatkannya kantor Perpusda di Kecamatan Ciruas sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Supaya, Perpusda dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat Kabupaten Serang.

“Walaupun masih mengontrak, tapi ini sudah merupakan upaya kita untuk mendekatkan perpustakaan ke masyarakat. Nanti di Puspemkab juga akan kita bangun bangunan Perpusda permanen,” katanya.

Entus juga meminta DPKD terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pelayanan perpustakaan setiap hari. “Saya minta Sabtu Minggu tetap buka, karena mungkin masyarakat itu bisanya ke perpustakaan di hari libur,” ujarnya.

Entus mengapresiasi DPKD yang sudah melakukan upaya-upaya melayani masyarakat di bidang perpustakaan. Selain menempatkan Perpusda di Kecamatan Ciruas, DPKD juga melayani perpustakaan keliling hingga ke pelosok desa.

Sementara itu, Sekretaris DPKD Bahroem mengatakan, pihaknya siap untuk melakukan pelayanan perpustakaan setiap hari. “Kita buka sampai hari Sabtu, tapi kalau pak Sekda minta setiap hari, akan kita lakukan,” katanya.

BACA JUGA  Warning! BOR Meningkat, Warga Diimbau Perketat Prokes

Bahroem mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Bukan hanya di wilayah perkotaan saja, akan tetapi juga hingga ke pelosok desa. “Kita punya perpustakaan keliling yang menyentuh wilayah pedesaan,” ujarnya.[Adv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *