December 7, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Tidak Suka Makan Buah dan Sayur? Bagaimana Cara Mengatasinya?

2 min read

Konsumsi buah dan sayuran memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat utamanya yaitu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran lebih rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Anda mungkin mengalami kekurangan vitamin, sembelit akibat kekurangan serat, dan lebih berisiko terkena penyakit kronis.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal BMC Public Health, asupan sayur dan buah yang kurang berkaitan dengan penyakit kanker, stroke, dan penyakit jantung.

Meski rasa tidak suka terhadap buah dan sayur berkaitan dengan faktor genetik, bukan berarti Anda tidak bisa belajar menyukai keduanya.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mulai menyukai buah dan sayur.

  • Mulai dari mengonsumsi buah dan sayuran yang Anda suka.
  • Memasak sayuran dengan rempah sehingga rasa pahit sayuran tersamarkan.
  • Mengolah buah dan sayuran menjadi smoothie atau jus, tapi ingat bahwa cara ini akan mengurangi kandungan seratnya.
  • Mengolah sayuran menjadi camilan seperti keripik bayam atau martabak sayur.
  • Memilih sayuran segar yang berwarna-warni.

    Cara memenuhi asupan buah dan sayur meski tidak suka

    Berikut beberapa tips untuk menambah asupan buah dan sayuran Anda setiap hari.

    1. Masukkan sayuran ke dalam menu favorit

    Jika Anda tidak suka sayuran dalam bentuk cah kangkung atau sayur bayam, cobalah masukkan sayuran ke dalam menu lain, misalnya nasi goreng atau mi goreng.

    Namun, pastikan Anda memasak sayuran dengan benar dan jangan terlalu matang.

    2. Masukkan buah ke dalam masakan

    Cobalah mengolah nanas, mangga, atau lemon menjadi saus asam manis atau sambal favorit Anda.

    Meski buah yang digunakan tidak banyak, cara ini dapat membantu Anda membiasakan diri makan buah sekaligus menambah asupan buah setiap hari.

    3. Jadikan sayur dan buah sebagai camilan

    Anda tidak suka buah dan sayur karena rasanya yang pahit dan berbau mentah?

    Tidak masalah. Ada beberapa buah dan sayuran manis yang bisa Anda jadikan camilan pengganti es krim dan minuman manis, misalnya mangga, pisang, jeruk, dan baby carrot.

    4. Ketahui cara mengolah sayur yang baik

    Mengetahui teknik pengolahan sayur bisa membantu Anda menjaga kelengkapan gizi sayuran sekaligus menghasilkan masakan yang lezat.

    Ambil contoh, teknik memasak brokoli yang paling baik ialah dengan metode rebus singkat alias blanching.

    5. Buatlah smoothie atau jus

    Dengan membuat smoothie atau jus, Anda tidak akan sadar telah mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak.

    Cukup campurkan buah dan sayuran favorit Anda, tapi usahakan untuk tidak menggunakan banyak pemanis tambahan.

    Wajar bagi seseorang untuk tidak suka buah dan sayur. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memakannya sama sekali.

    Dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat sedikit demi sedikit, bukan tak mungkin buah dan sayuran menjadi salah satu makanan favorit Anda.[]

     

    Sumber: hellosehat.com

BACA JUGA  Silaturahmi Ke PLTGU Cilegon, Dirpamobvit Polda Banten Pastikan Keamanan Obvitnas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *