Maret 27, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Target Investasi Naik, Ini Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Kabupaten Serang

2 min read

Pemkab Serang menargetkan nilai investasi yang masuk di tahun 2023 ini sebesar Rp5,77 triliun. Nilai itu mengalami peningkatan sekira tiga persen dibandingkan tahun 2022 yang nilainya mencapai Rp5,6 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang Syamsuddin mengatakan, target investasi tahun ini terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp2,620 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp3,150 triliun.

“Secara keseluruhan target investasi kita Rp5,770 triliun,” katanya di kantor DPMPTSP, kemarin.
Syamsuddin mengatakan, di tahun 2022 lalu, nilai investasi untuk PMA hanya sekira Rp2,54 triliun, sedangkan PMDN sekira Rp3,06 triliun. Di akhir tahun anggaran, kata dia, Pemkab berhasil membukukan nilai investasi secara keseluruhan hingga Rp6,715 triliun terdiri dari PMA sebesar Rp4,814 triliun dan PMDN sebesar Rp1,9 triliun.

Mengacu pada capaian ditahun 2022, Pemkab Serang kemudian menaikan capai target investasi tiga persen, di mana porsi untuk PMDN lebih besar dibandingkan dengan PMA. Hal itu, kata dia, sebagaimana dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serang lima tahun ke depan.

BACA JUGA  Marc Cucurella Segera Bergabung dengan Chelsea

“Udah ditetapkan melalui RPJMD 5 tahun kedepan, kenaikanya setiap tahun tiga persen,” katanya.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Serang Syamsuddin

Potensi Investasi

Kabupaten Serang memiliki potensi kuat untuk menarik investor dengan berbagai peluang yang bisa diolah dan service area yang mendukung. Salah satunya sektor industri Kabupaten Serang memiliki beberapa kawasan yang masih terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Serang, yakni Kawasan Modern Cikande Industrial Estate di Kabupaten Serang seluas 1.800 hektare, Kawasan Industri Wilmar Bojonegara di Kabupaten Serang seluas 800 hektare.

Dua kawasan tersebut, sebagai jantung pengembangan ekonomi di Kabupaten Serang, selain pertanian dan kawasan pariwisata Pantai Anyer dan Cinangka, serta pelabuhan yang ada di Kecamatan Bojonegara. Kawasan Cikande dan Bojonegara dinilai akan menjadi pusat perekonomian di kabupaten Serang. Terutama karena dua zona itu merupakan pusat dari pembangunan perindustrian.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Selain itu, sektor Pariwisata Kabupaten Serang juga memiliki sederet potensi besar. Mulai dari kawasan Pantai Anyer hingga pengembangan wisata religi. Pantai Anyer yang tak pernah sepi pengunjung membuka peluang bagi sektor lain seperti restoran, pegninapan, wahana bermain, cottage, dan pusat perbelanjaan untuk oleh-oleh. Tak hanya wisata pantai, Kabupaten Serang juga mengembangkan wisata religi di wilayah Tanara dan Tirayasa yang juga membutuhkan sektor pendukung lainnya seperti penginapan.

BACA JUGA  Pemprov Banten Apresiasi Pelaksanaan Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih Pada HUT Ke-78 RI

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Syamsudin mengatakan, selain didukung oleh kawasan dan kekayaan alam, Pemeritah Kabupaten Serang juga memperhatikan kebutuhan infrastruktur bagi investor. “Kita perhatikan kebutuhan infrastruktur demi kenyamanan penanam modal. Selain itu, kita juga sangat memperhatikan aspel layanan perizinan,” kata Syamsudin.[Adv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *