May 11, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Tanggap Informasi Bencana, BPBD Kabupaten Serang Sediakan Krisis Center

2 min read

Selain upaya penanganan yang optimal, BPBD Kabupaten Serang juga menyediakan sistem informasi dan komunikasi yang terintegrasi yakni, melalui penyediaan Krisis Center di Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) milik BPBD Kabupaten Serang.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana mengatakna, melalui sistem ini, informasi kebencanaan bisa didapat dan ditindaklanjuti secara cepat dan tepat.

“Secara teknis, ada petugas yang akan selalu standby di Krisis Center untuk menerima laporan kebencanaan. Kemudian, setelah diterima laporan, dilakukan konfirmasi untuk melakukan penanganan yang tepat,” paparnya.

Informasi yang dihimpun oleh Krisis Center, imbuh Nana, juga menjadi bahan konsumsi bagi instansi lainnya. Seperti instansi TNI-Polri, media massa, dan instansi yang terkait untuk bahan penanganan. Sehingga, informasi kebencanaan di Kabupaten Serang dapat didapat melalui satu pintu dan tidak ada perbedaan data.

Nana menambahkan, dalam menanggulangi bencana di Kabupaten Serang, BPBD Kabupaten Serang senantiasa melibatkan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi di daaerahnya masing-masing. Sehingga, masyarakat memahami tindakan apa yang harus dilakukan ketika ada bencana.

BACA JUGA  Diet Telur, Alternatif Cara untuk Menurunkan Berat Badan

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

“Yang tak kalah penting, BPBD Kabupaten Serang juga ingin melibatkan masyarakat dalam rangka mitigasi bencana. Yakni, dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait kebencanaan kepada masyarakat,” kata Nana.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Ia berharap, dengan memberikan pemahaman pada masyarakat terkait penanggulangan bencana bisa mengurangi dampak bencana yang ditimbulkan. “Keberadaan Krisis Center bisa bagian dari upaya itu (pencegahan). Harapannya masyarakat bisa reaktif dalam memberikan informasi kebencanaan melalui Krisis Center,” pungkas Nana.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *