Juni 13, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Stand Dekranasda Kabupaten Serang di Dekranas Expo 2024 Hasilkan Omset Rp3 Juta Perhari

2 min read

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serang turut memeriahkan dengan membuka Stand Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran Surakarta. Stand Expo dalam rangka HUT ke-44 Dekranas 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) berlangsung pada 15 sampai 18 Mei 2024.

Dengan mengikuti event tersebut, Stand Dekranasda Kabupaten Serang memanfaatkan momen  untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Serang. Hasilnya, produk UMKM unggulan yang dipamerkan mampu menarik minat pengunjung dari daerah lain untuk membeli, terbukti selama 2 hari stand menghasilkan omset sekitar Rp 3 juta untuk perharinya.

“Selama 2 hari event omzet yang dihasilkan kurang lebih Rp 3 juta perharinya,”kata Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) Kabupaten Serang, Shinta Asfilian Harjani melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik pada Jum’at, 17 Mei 2024.

Atas omset yang dihasilkan tersebut, kata Shinta, Dekranasda Kabupaten Serang memamerkan produk UMKM unggulan meliputi Batik Tedjo produk pengrajin asal Kecamatan Padarincang dan Arami Batik produk pengrajin asal Kecamatan Tunjung teja. “Batik produk pengrajin asal Padarincang maupun Tunjung teja merupakan binaan Diskoumperindag Kabupaten Serang,”ucapnya.

BACA JUGA  Hamil Saat Menyusui, Apakah Aman untuk Ibu dan Janinnya?

Menurut Shinta,  motif batik-batik Kabupaten Serang yang di pamerkan di Stand Dekranasda Kabupaten Serang banyak di minati para tamu dari daerah lain bahkan dari mancanegara. Terlebih, untuk produk fashion yang di pamerkan  saat ini menggunakan motif Batik Kabupaten Serang banyak menjadi incaran dari daerah lain. “Makanya dengan omset yang lumayan besar itu yang paling banyak laku di event ini,”terangnya.

Selain batik, sambung Shinta, Stand Dekranasda Kabupaten Serang memamerkan produk UMKM unggulan lainnya meliputi batu perhiasan dan aksesoris dari Magicstone H. Alwi Kecamatan Kramatwatu, dan makanan produk dari rumah 71 Kramatwatu.

“Kemudian hiasan seperti bunga sedap malam dari lahan pertanian di Kecamatan Padarincang yang di kelola oleh ibu Cucu. Ada juga hasil kerajinan dari limbah kayu dari Chip Craft Kecamatan Ciruas,”jelasnya.

Turut mendampingi, pada Expo UMKM dalam rangka HUT)Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional Dekranas 2024 Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna dan Ketua Dekranasda Kabupaten Serang, Habibah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *