October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Solusi Atasi Sampah, DLH Kabupaten Serang Gunakan Insinerator di Beberapa Titik

2 min read

Masalah penangangan sampah di Kabupaten Serang menjadi serius Pemkab Serang. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, Pemkab terus fokus mengoptimalkan penanganan sampah.

Untuk tahun 2021, DLH Kabupaten Serang sudah menyiapkan beberapa program prioritas  penanganan sampah, diantaranya tertuju pada pengawasan, pembinaan, pengendalian dan pengelolaan lingkungan serta sampah.

Kepala DLH Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto mengatakan, program yang dicanangkan merupakan upaya untuk menjaga alam Kabupaten Serang agar tiap bersih dan nyaman sehingga kualitas lingkungan hidup masyarakat Kabupaten Serang terus meningkat.

“Tahun ini kita mencoba untuk menggunakan teknologi insinerator di beberapa titik. Untuk penimpanannya bisa di SPA (Stasiun Peralihan Antara),” ujarnya.

Budi memaparkan, total volume sampah yang ada di Kabupaten Serang saat ini mencapai 750 ton per hari. Sementara armada yang tersedia hanya 48 unit dengan kapasitas 3 ton. Artinya, yang terangkut hanya 12 persen.

Selain itu, penanganan sampah, kata Budi, juga perlu melibatkan peran serta masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Pihaknya mengaku terus memberikan penyuluhan dengan sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian juga mefasilitasi pembuangan sampah di beberapa titik.

BACA JUGA  First Look Chris Pratt di Film The Tomorrow War!

Kepala DLH Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto

“Kami memfasilitasi tempat pembuangan sampah dan dan pengangkut sampah. Rencananya disana akan menggunakan kontainer (Alat pengangkut sampah),” ucapnya.

Budi memaparkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang juga berupaya terus menerus membuat terobosan dan formulasi penanganan yang efektif, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk merubah mindset atau paradigma terhadap sampah, agar sampah yang selama ini masih dianggap sebagai masalah dapat dijadikan peluang usaha atau memiliki nilai jual.

“Metode pengelolaan sampah berbeda-beda tergantung banyak hal, di antaranya tipe zat sampah, lahan yang digunakan untuk mengolah, dan ketersediaan lahan,” katanya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Sementara itu, menurut Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, ada banyak faktor yang menjadi kendala dalam penanganan sampah di wilayah Kabupaten Serang yang selama ini masih menjadi pekerjaan tugas (PR).

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Tatu menegaskan, Pemkab Serang sangat konsen teterkait penanganan sampah yang saat ini  menjadi salah satu program prioritasnya. “Kita kejar semoga lima tahun ke depan masalah sampah bisa teratasi,” jelas Tatu dalam berbagai kesempatan.[Adv]

BACA JUGA  Gubernur Banten Akan Disuntik Vaksin Buatan Pfizer, Ini Alasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *