September 25, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Selain Peningkatan SDM, Bappeda Kabupaten Serang Fokus pada Pemerataan Pembangunan

2 min read

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang menggelar Musyawaran Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 beberapa waktu lalu.

Dalam Musrenbang yang dilakukan secara daring tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri memberikan empat pesan prioritas pembangunan tahun depan. Diantaranya  peningkatan sumber daya manusia yang sehat dan berakhlak, pemantapan tata kelola pemerintahan.

“Kita juga fokus pada peningkatan kondisi sarana prasarana dan pemerataan pembangunan. Fokus lainnya adalah pemulihan perekonomian daerah,” jelas Entus.

Entus meminta agar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 tahun depan, keempat hal di atas nilai perlu menjadi prioritas acuan pembangunan daerah agar target pembangunan daerah Kabupaten Serang 2022 dapat tercapai.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Entus menjelaskan, kewajiban pemerintah daerah setiap tahun, yakni menyusun dokumen RKPD sebagai landasan penyusunan APBD.

“Penyusunan RKPD dilakukan melalui proses pembahasan yang terkoordinasi antara Bappeda dan perangkat daerah, serta keterlibatan para stakeholder pembangunan melalui sejumlah tahapan,” ujarnya, Senin (6/9/2021).

BACA JUGA  Marquez Disebut Menang MotoGP San Marino Berkat Rossi

Ia mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang tingkat desa dan kecamatan untuk menggali aspirasi masyarakat harus dilakukan guna melaksanakan proses perencanaan bottom up dan partisipatif.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana mengatakan, Bappeda sudah menyusun Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang. Ada banyak program yang akan dilakukan selama lima tahun ke depan.

Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana

“Penyelenggaraan Musrenbang daerah untuk menghasilkan kesepakatan antarpelaku pembangunan tentang rancangan RKPD yang menitik beratkan pada pembahasan mensinkronisasikan rencana kerja antar perangkat daerah dengan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional secara umum dan daerah pada khususnya,” ucapnya.

Adapun isu-isu yang menjadi perhatian Bappeda Kabupaten Serang seperti meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pengembangan infrastruktur dasar daerah, dan percepatan penanggulangan kemiskinan, dan lain-lain.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *