June 24, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Punya Bursa Kerja Khusus, Kabupaten Serang Lepas Status Pengangguran Tertinggi di Banten

2 min read

Meski masih dilanda pandemi covid-19, Pemkab Serang mampu melepaskan status pengangguran tertinggi di Banten yang disandang sejak tahun 2012 silam. Berdasarkan data BPS, per Agustus 2020 angka pengangguran di Kabupaten Serang sebesar 12,22% dan berada di urutan tertinggi ketiga dibandingkan delapan kabupaten/kota di Banten.

Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Kerja (Binapenta) pada Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gurmilang mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran. Di antaranya, dibuatkan tanda daftar BKK (Bursa Kerja Khusus) bagi sekolah kejuruan dan memberikan pelatihan bagi warga Kabupaten Serang.

“Kita sudah kerjasama dengan SMK di Kabupaten Serang baik swasta maupun negeri dalam hal ini BKK.¬† BKK ini kita sandingkan dengan perusahaan-perusahaan di Kabupaten Serang,” kata Ugun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/6). Adanya BKK tersebut, sambungnya, terbukti cukup berhasil menurunkan pengangguran di Kabupaten Serang.

“Setelah kita bekerja sama dari tahun 2019, sekarang posisi Kabupaten Serang yang tadinya selalu urutan ke 1 dari 8 kab/kota di provinsi Banten selama 8 tahun berturut turut, tapi sekarang sudah menggeser ke posisi 3. Salah satu perannya BKK ini,” ujarnya.

BACA JUGA  Pilar Saga Ichsan, Pengusaha Helm yang Terjun ke Dunia Politik

Ugun menjelaskan, dengan adanya SMK dengan perusahaan sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) ketika ada rekrutmen maka perusahaan tinggal langsung ke BKK. Bahkan saat ini sudah ada forum BKK Kabupaten Serang.

“Sekolah kejuruan berdasarkan amanat Permenaker 39, harus membentuk¬† dan di daftarkan ke Disnakertrans. jadi kita keluarkan daftar BKK-nya. Dari 90 SMK di Kabupaten Serang yang sudah masuk tanda daftar BKK ada 70-an,” jelasnya.

“Para pengurus BKK ini juga berasal dari para guru-guru di SMK. Jadi ketika ada perusahaan yang merekrut karyawan baru maka pengurus BKK tersebut menginformasikan kepada alumni-alumninya,” ujarnya.

Ugun berharap, perusahaan yang membutuhkan karyawan maka menghubungi BKK Kabupaten Serang. Sementara untuk BKK harus pro aktif menjemput bola ke perusahaan.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *