Juni 13, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Pemprov Banten Beri Pelayanan Optimal Jamaah Calon Haji

2 min read

Pemerintah Provinsi Banten memberikan pelayanan secara optimal kepada jamaah calon haji berasal dari daerah itu agar bisa melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci dengan nyaman dan lancar sehingga menjadi haji yang mabrur.

“Tentunya pemerintah daerah akan memfasilitasi dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kenyamanan bagi jamaah. Dan saya juga memesankan jamaah untuk mempersiapkan secara matang untuk menghadapi kondisi di sana (Makkah),” kata Pejabat Gubernur Provinsi Banten Al Muktabar di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan hal itu saat melepas keberangkatan 384 calon haji berasal dari daerah setempat ke Tanah Suci. Mereka tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7-JKG dengan sebagian besar kalangan lanjut usia itu, berasal dari Kabupaten Tangerang. Jamaah calon haji itu terlebih dahulu singgah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Hadir pada kesempatan itu, antara lain Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Nanang Fatchurochman dan Penjabat Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono.

Ia meminta JCH selalu menjaga kesehatan selama perjalanan haji.

“Mudah-mudahan ibadahnya lancar, jadi haji yang mabrur, kemudian kembali nanti ke sini dengan selamat,” kata Muktabar.

BACA JUGA  Tingkatkan Layanan Publik, BPKAD Kabupaten Serang Lakukan Inovasi di Tiap Bidang

Dia menyebut JCH Banten tahun ini sebagai terbanyak keempat di Indonesia, di mana Kementerian Agama memberikan tambahan kuota dari tahun sebelumnya.

“Jamaah haji Provinsi Banten ini cukup besar nomor empat di Indonesia, oleh karenanya kita mensyukuri itu. Jamaah haji terus meningkat dan Bapak Presiden Jokowi juga terus melakukan negosiasi bilateral dengan pemerintah Arab Saudi untuk mendapatkan tambahan kuota,” kata dia.

Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurochman mengatakan kuota keseluruhan JCH Kabupaten Tangerang 2.494 orang, sedangkan saat ini 1.487 orang dipastikan berangkat ke Tanah Suci.

Proses pemberangkatan JCH Kabupaten Tangerang terbagi dalam tujuh kloter, sedangkan yang pertama tergabung dalam kloter 7 dengan jumlah 384 orang.

“Kabupaten Tangerang ada tujuh kali pemberangkatan, lima kloter akan menyusul dengan ada pemberangkatan dari kloter gabungan,” ujarnya.

Ia menyebut pelayanan musim haji kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena mayoritas jamaah dari Kabupaten Tangerang tersebut kalangan lansia.

“Sekitar lima persen haji tahun ini dari lansia. Maka kita akan memberikan pelayanan terbaik bagi para jamaah,” kata dia.[]

BACA JUGA  Teuku Wisnu Baru Buka Rahasia Ini ke Shireen Sungkar Setelah Bertahun-Tahun Nikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *