September 25, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Pemkab Serang siap songsong transformasi digital dengan optimis

2 min read

Pemerintah Kabupaten Serang siap menyongsong transformasi digital dengan optimistis guna mengimplementasikan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE tahun 2021.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang (Kabid) Telematika Hotman Siregar melalui keterangan tertulisnya pada Ahad (12/9) menyusul adanya monitoring dan evaluasi (Monev) SPBE tahun 2021 Pemerintah daerah di Kabupaten Serang yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemen PAN-RB.

“Dengan dilakukannya monitoring dan evaluasi SPBE, Pemkab Serang siap menyongsong transformasi digital dengan optimis. Jadi, (SPBE) diarahkan kedukungan pemkab kepada program pemerintahan Jokowi untuk transformasi digital,” ujar Hotman.

Hotman menjelaskan, bahwa dalam implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, maka setiap tahun diadakan monitoring dan evaluasi SPBE yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Evaluasi SPBE adalah proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah untuk mendapatkan nilai Indeks SPBE, yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah,” kata Hotman.

BACA JUGA  Resep Talam Ubi, Mudah dan Nikmat

Sebelumnya sebut Hotman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar pemerintah dan juga seluruh komunitas digital Indonesia memanfaatkan momentum pandemi COVID-19 saat ini untuk mempercepat transformasi digital. Mulai dari digital government, digital economy, hingga digital society, dan digital infrastructure.

Kepala Seksi Pengembangan e-government dan Integrasi Sistem, Ratu Namira Maulina mengatakan, untuk tahapan monitoring dan evaluasi SPBE sudah dilaksanakan pada April 2021, sosialisasi evaluasi SPBE, Juni 2021, Penilaian Mandiri SPBE, Agustus – September.

Untuk tahapan terakhir penilaian interview sudah dilakukan pada Senin, 6 September 2021 melalui zoom meeting dengan Tim asesor yang difasilitasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Terdapat 4 domain, yaitu kebijakan SPBE, tata Kelola, manajemen SPBE dan layanan SPBE yang dinilai,” ujar Namira.

Diketahui, berdasarkan Monev SPBE Pemkab Serang meraih predikat pada tahun 2018 dengan nilai 2,33 (cukup), tahun 2019 dengan nilai 2,43 (cukup), dan tahun 2020 mendapatkan nilai 2,98 (baik).

Sedangkan pada tahun 2021 Pemkab Serang optimis meraih nilai tertinggi atas Monev Evaluasi SPBE tahun 2021, dengan nilai predikat sangat baik (3, sekian).

BACA JUGA  Pemprov Banten Bantu Peningkatan Produksi Pertanian dari Pembenihan Hingga Pasca Panen

Penilaian itu diberikan berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemen PAN-RB.[]

 

ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *