Maret 28, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Operator Telekomunikasi Diminta Sediakan Layanan Terjankau Saat Larangan Mudik Dijalankan

2 min read

Setelah adanya larangan mudik lebaran, masyarakat diprediksi akan lebih banyak melakukan silaturahmi virtual, oleh karenanya operator telekomunikasi diminta menyediakan layanan yang berkualitas dan terjangkau.

 

“Pemerintah meminta kepada seluruh operator telekomunikasi untuk menyediakan layanan komunikasi yang berkualitas dan terjangkau, sehingga masyarakat yang ingin bersilaturahmi secara virtual dapat melakukannya dengan baik,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (22/4/2021).

 

Larangan mudik Lebaran tahun ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Baca juga: Pandemi Belum Berakhir, Larangan Mudik, dan Kedatangan 127 WN India Wiku pun meminta masyarakat bijak mematuhi aturan ini dan mengganti silaturahmi langsung menjadi daring.

 

“Silaturahmi kepada keluarga di kampung halaman dapat dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi komunikasi,” ujarnya dikutip dari laman Kompas.com.

 

Wiku mengatakan, momen libur panjang selalu meningkatkan mobilitas warga. Hal ini berujung pada lonjakan kasus virus corona.

BACA JUGA  Ini Penyebab Mall Ramayana Serang Dilahap Api

 

Pada momen libur Idul Fitri 2020 misalnya, kenaikan kasus virus corona berkisar antara 68-93 persen. “Saya sangat berharap masyarakat dapat bijak dalam merayakan hari Idul Fitri yang akan datang, serta turut menekan angka penularan dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Wiku.

 

Sebagaimana pesan yang disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, sekalipun masyarakat sudah memiliki surat hasil tes negatif virus corona, tidak berarti sepenuhnya bebas dari Covid-19.

 

Peluang tertular virus di perjalanan ke kampung halaman selalu terbuka. Meski segala upaya telah dilakukan untuk memastikan pelaku perjalanan negatif Covid-19, potensi perubahan status dari negatif menjadi positif selama perjalanan tetap ada.

 

Kemungkinan ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya alat test Covid-19 tidak akurat, cara pengambilan spesimen yang tidak tepat, dan sulitnya menentukan masa inkubasi Covid-19 yang presisi dan akurat terdeteksi oleh alat tes.

 

“Dengan demikian tidak ada testing dapat menjamin kita bebas Covid-19 selamanya,” ujar Wiku.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Baduy Saat Sidang Tahunan MPR

 

Oleh karenanya, Wiku kembali meminta masyarakat mengurungkan niat untuk mudik, demi melindungi diri sendiri dan keluarga di kampung halaman dari penularan virus corona.

 

“Apabila kita dapat sedikit lagi bersabar dengan tidak bepergian saat periode libur yang akan datang artinya kita sudah berkontribusi dalam menekan penularan dan turut menjaga kondisi kasus Covid-19 di Indonesia untuk tetap stabil,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *