October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Nutrisi Penting Agar Tetap Bugar dan Produktif Terutama Saat Puasa

4 min read

Protein, nutrisi penting untuk jaga kesehatan tubuh saat puasa

Dalam mempersiapkan ibadah puasa, biasanya kita akan mengonsumsi makanan dengan beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serta makanan berserat. Namun, Anda juga perlu mengutamakan protein sebagai nutrisi utama saat bulan puasa.

Protein mengandung asam amino yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian Immune and Diet dalam jurnal Nutrients, bio amino peptida dalam protein akan memberikan energi pada sel imunitas dalam meningkatkan respons untuk menangkal virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Tak hanya itu, protein juga berperan sebagai antiperadangan dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Dengan begitu, imunitas tubuh dapat bekerja optimal untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Peran protein ini sangat menguntungkan bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa. Protein membantu tubuh tetap fit dan sehat selama Anda beraktivitas, terutama di tengah pandemi COVID-19.

BACA JUGA  Punya Bursa Kerja Khusus, Kabupaten Serang Lepas Status Pengangguran Tertinggi di Banten

Anda bisa mendapatkan protein secara mudah dari makanan seperti ayam, ikan, daging sapi, biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, maupun tempe. Namun, perlu ditambahkan juga protein bio amino peptida sebagai protein yang paling mudah diserap oleh tubuh dan sudah teruji manfaatnya. Salah satu sumber nutirisi yang kaya akan Protein bio amino peptida adalah saripati ayam sehingga tidak ada salahnya anda menambahkan saripati ayam sebagai menu sahur anda.

Manfaat saripati ayam untuk dukung puasa yang bugar dan produktif

puasa saat pandemi

Melansir jurnal Nutrients, saripati ayam diperoleh dengan cara memanaskan daging ayam dengan temperatur tinggi selama beberapa jam dengan proses berteknologi tinggi. Setelahnya, dilakukan pemisahan kolesterol dan lemak untuk dibuang, barulah didapatkan saripati ayam murni. Melalui proses ini, Anda akan memperoleh protein bio amino peptida yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Protein bio amino peptida merupakan bentuk halus dari protein yang terdiri dari atas komponen rantai asam amino. Peptida bersifat bioaktif dan dikenal dengan istilah bio peptida.

Menurut artikel Bioactive Peptides dari Sciencedirect, makanan yang bersifat biopeptida biasanya memiliki keunggulan dalam meningkatkan kesehatan, secara fisik maupun psikologis. Berikut manfaat saripati ayam, sebagai nutrisi penting yang perlu dipenuhi saat puasa.

BACA JUGA  Setelah Kritis Berjuang Melawan Kanker, Ria Irawan Hembuskan Nafas Terakhir

1. Menjaga sistem imun tubuh

nutrisi keluarga

Saripati ayam merupakan nutrisi yang sering menjadi bahan suplemen alami di Asia Tenggara guna meningkatkan kekebalan tubuh. Di dalam Journal of Food Science, sifat biopeptida di dalam saripati ayam telah digunakan dalam mendukung kerja sistem imun dalam meningkatkan respons untuk melawan infeksi penyakit, seperti demam, flu, ataupun batuk pilek.

Anda pasti menyadari bahwa penyakit tersebut sering menyerang tubuh ketika kondisi fisik lemah dan lelah. Oleh karenanya, saripati ayam memberikan perlindungan dari dalam untuk membentengi tubuh dari berbagai risiko penyakit.

2. Meningkatkan energi

menjaga stamina saat puasa

Menahan haus dan lapar, sementara aktivitas tetap berlanjut. Tak jarang Anda kelelahan, tubuh pun menjadi lemah. Benteng pertahanan untuk menangkal penyakit jadi mudah runtuh.

Namun, Anda bisa mencegah kelelahan ini agar tidak terjadi selama bulan puasa dengan mengonsumsi saripati ayam. Nutrisi yang satu ini membantu tubuh Anda lebih berenergi. Masih berdasarkan Journal of Food Science, saripati ayam dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara optimal, sehingga tubuh dapat memanfaatkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi dan mengolahnya menjadi energi.

Selain itu, saripati ayam juga menurunkan tingkat stres yang dapat memicu kelelahan ketika beraktivitas. Dengan begitu, ketika tubuh berenergi dan stres tak lagi jadi hambatan, tentu Anda akan lebih bersemangat menjalani aktivitas. Anda bisa memanfaatkan nutrisi dalam saripati ayam sebagai tambahan energi saat bulan puasa.

BACA JUGA  Dodit Mulyanto Lamar Kekasih Saat Makan Bakso di Tepi Jalan, Kejutan Ulang Tahun

3. Meningkatkan konsentrasi

penularan covid-19 klaster perkantoran kantor

Saripati ayam juga mendukung kesehatan mental, terutama dalam meningkatkan fungsi kognitif. Melansir Journal Nutrients oleh Suttiwa dan kawan-kawan, saripati ayam membantu mendorong kerja memori, terutama mereka yang berada di dalam tekanan pekerjaan. Peneliti juga menemukan bahwa saripati ayam membantu para pekerja berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitasnya.

Agar Anda dapat melalui puasa dengan lancar tahun ini dan tetap berkonsentrasi dalam pekerjaan, cobalah mengonsumsi saripati ayam. Kandungan protein bio peptida di dalamnya akan membantu Anda untuk mengendalikan fokus dan emosi sepanjang hari. Saripati ayam juga dibuat dari bahan alami tanpa tambahan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Melihat beragam manfaatnya yang menguntungkan, Anda bisa menambahkan saripati ayam dengan cara minum 1 botol saripati ayam saat sahur atau anda dapat mencampurkan saripati ayam ke dalam makanan yang berkuah, seperti sup ayam untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama bulan puasa.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *