July 30, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Nasi Putih dan Cokelat Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih yang Baik untuk Tubuh

2 min read

Nasi putih sebenarnya merupakan makanan yang penuh nutrisi. Selain menjadi sumber energi harian karena tinggi kandungan karbohidrat, nasi putih juga mengandung banyak nutrien penting seperti serat, protein, magnesium, dan zinc.

Sayangnya, nasi putih termasuk salah satu makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik yang tinggi membuat nasi putih mudah dan cepat untuk terpecah menjadi gula yang akan terserap oleh tubuh.

Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi nasi putih, kadar glukosa darah Anda bisa meningkat. Hal ini tentu berbahaya apalagi bila Anda memiliki kondisi tertentu seperti penyakit diabetes.

Selain itu, konsumsi yang berlebihan setiap harinya dapat menyumbang kenaikan berat badan.

1. Nasi merah

Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Dalam 100 gram nasi merah, terdapat kandungan serat sebanyak 0,7 gram.

Angka ini sedikit lebih tinggi bila dibandingkan 100 gram nasi putih dengan kandungan 0,4 gram serat. Nasi merah termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks. Artinya, makanan ini dicerna lebih lama sehingga menimbulkan kenyang lebih lama.

BACA JUGA  Gurih, Resep Kulit Ayam Pedas

Nasi merah dapat membantu Anda agar tidak makan dengan porsi yang terlalu berlebihan.

Berkat kandungan pati dalam nasi merah yang tidak tinggi dan indeks glikemiknya yang rendah, beras merah dapat menjadi pilihan makanan pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.

2. Nasi beras cokelat

Selain nasi merah, nasi cokelat juga menjadi makanan favorit pengganti nasi putih bagi banyak orang. Nasi beras cokelat termasuk karbohidrat kompleks yang terkenal lebih baik daripada karbohidrat sederhana.

Beras cokelat melalui waktu penggilingan yang lebih sedikit daripada nasi putih, sehingga lapisan bekatulnya masih ada yang tertinggal dan memberikan warna, tekstur, serta rasa yang berbeda.

Bekatul atau rice bran sendiri dipercaya mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan. Bagian ini sering dibuat menjadi minyak yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan magnesium juga empat kali lipat lebih banyak dari nasi putih. Mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, otot, dan otak.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *