April 20, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Kurangi Volume Sampah, Benyamin Ajak Warga Kelola Secara Mandiri

2 min read

Pemerintah Kota Tangsel selalu berbenah guna mengatasi persoalan secara utuh. Salah satunya, pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang masih dilakukan perbaikan secara berkala.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, sejak tahun 2014 pihaknya bersama Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany sejak tahun 2012 persoalan sampah menjadi perhatiannya. “Dalam sehari hampir 900 ribu ton sampah dihasilkan dan kami putuskan bahwa ini menjadi persoalan bersama,” ungkap Benyamin, Rabu (24/06/20).

Dia menilai, pertumbuhan penduduk di Kota Tangsel mencapai 3,4 persen dalam setahun dan akan menjadi fenomena dalam persoalan lingkungan hidup, “Saat ini ada 452 ribu Kepala Keluarga di Tangsel yang berpotensi menjadi produsen sampah,” imbuhnya.

Kata Benyamin, saat ini Pemkot Tangsel terus berupaya untuk menyelesaikan persoalan tersebut demgan menjadika Pemkot sebagai lokomotif guna bisa diselesaikan secara bersama. “Harus bekerjasama dengan semua pihak agar segera bisa diatasi,” ucapnya.

Dia berharap, kerjasama antar seluruh stake holder harus dilakukan agar persoalan sampah bisa diatasi secara menyeluruh dengan pengendalian dari hulu hingga ke hilir. “Jika dari warga, pihak swasta, pegiat sosial dan pemerintah bekerjasama secara baik maka akan bisa diatasi secara mudah,” imbuhnya.

BACA JUGA  Pendidikan Menjadi Salah Satu Prioritas Utama Pembangunan Kota Tangsel

Sementara itu, Sekertaris DLH Kota Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, penanganan TPA Cipeucang terus diperbaiki secara optimal agar sampah bisa terkendali dengan baik. “ Sebetulnya masyarakat sudah bisa melakukan pengolahan sampah secara mandiri agar volume sampah tidak terus meningkat,” tuturnya.

Ia menuturkan, masyarakat bisa melakukan upaya lain dengan memanfaatkan lahan kosong di lingkungannya secara mandiri untuk mengolah sampah. “ Jadi bisa dikelola secara mandiri dengan adanya kelompok khusus yang dibentuk dengan biaya operasional hasil iuran warga,” ucapnya.[Ham-diksi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *