October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Ketahui Manfaat Makan Gurita bagi Kesehatan Tubuh

4 min read

Gurita adalah salah satu hewan laut tak bertulang dengan terumbu karang sebagai habitat utamanya. Gurita tergolong sebagai moluska, yakni hewan bertubuh lunak sehingga masih memiliki kekerabatan dengan kerang dan cumi-cumi.

Dalam bahasa Inggris, gurita dikenal dengan nama octopus. Hal ini mengacu pada struktur tubuh gurita yang memiliki delapan lengan atau tentakel yang dilengkapi dengan bagian penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada masing-masing lengannya.

Di dunia kuliner Jepang, gurita banyak dijadikan sebagai bahan campuran berbagai olahan, seperti takoyaki dan sushi. Walaupun jarang ditemui dalam kuliner Indonesia, daging gurita nyatanya memiliki sejumlah kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip melalui laman FoodData Central U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram daging gurita segar memiliki kandungan nutrisi seperti di bawah ini.

  • Air: 80,25 gram
  • Kalori: 82 kkal
  • Protein: 14,91 gram
  • Lemak: 1,04 gram
  • Karbohidrat: 2,2 gram
  • Serat: 0,0 gram
  • Kalsium: 53 miligram
  • Fosfor: 186 milligram
  • Zat besi: 5,3 miligram
  • Natrium: 230 miligram
  • Kalium: 350 miligram
  • Tembaga: 0,435 miligram
  • Magnesium: 30 miligram
  • Seng: 1,68 miligram
  • Retinol (Vit. A): 45 mikrogram
  • Thiamin (Vit. B1): 0,03 miligram
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,04 miligram
  • Niacin (Vit. B3): 2,1 miligram
  • Vitamin C (Vit. C): 5 miligram

Manfaat gurita untuk kesehatan tubuh

Daging gurita kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B12, serta mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Sumber makanan ini juga tinggi protein, namun rendah lemak sehingga mungkin cocok untuk Anda yang sedang diet.

BACA JUGA  Simpel, Cara Buat Dendeng Sap Lezat

Asam lemak omega-3 juga menjadi kandungan nutrisi gurita yang tak boleh Anda lewatkan. Sejumlah penelitian menunjukkan, asam lemak omega-3 memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung, lho.

Sebelum merasakan kelezatannya, berikut ulasan lengkap tentang beberapa manfaat gurita bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Menjaga kesehatan jantung

Gurita merupakan sumber asam lemak omega-3, sama dengan sumber boga bahari lainnya. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated) yang memiliki sejumlah manfaat dan sayangnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh Anda.

Salah satu manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah plak pada pembuluh darah.

Omega-3 juga memiliki agen antiperadangan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah sejumlah gangguan jantung. Selain itu, kandungan asam amino dan taurin pada daging gurita juga memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol.

2. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Protein adalah salah satu makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pasalnya, sekitar 20 persen tubuh manusia tersusun dari protein sehingga penting bagi Anda memenuhi kebutuhan protein setiap hari.

BACA JUGA  Pastikan Warga Tak Berwisata Saat Libur Lebaran, Satpol-PP Kabupaten Serang Lakukan Monitoring

Protein memiliki beragam fungsi penting di dalam tubuh. Salah satunya menunjang pertumbuhan serta perbaikan pada jaringan tubuh yang rusak. Atas dasar itulah, asupan protein dari makanan harian harus selalu tercukupi guna mendukung berbagai fungsi tubuh.

Dalam 100 gram daging gurita segar mengandung sekitar 14,9 miligram protein. Jumlah ini sudah memenuhi hampir seperempat kebutuhan protein harian orang dewasa, yakni 60 gram pada wanita dan 65 gram pada pria sesuai Permenkes No. 28 tahun 2019.

Kandungan protein dapat ditemukan pada hampir seluruh bagian tubuh, termasuk rambut. Manfaat protein dari gurita juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan memperbaiki kerusakan. Hal yang sama juga bisa dirasakan oleh jaringan tubuh lainnya, lho.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan taurin pada gurita telah diteliti memiliki sifat antikanker. Taurin juga bekerja sebagai antioksidan dalam melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel dari berbagai kerusakan yang terkait dengan kanker.

Sookmyung Women’s University meneliti efektivitas taurin untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama pada penderita kanker serviks. Dalam penelitian tersebut, peneliti berusaha mengetahui pengobatan kanker dengan cisplatin bersama dengan taurin untuk merangsang apoptosis sel (kematian sel-sel kanker). Hasilnya pengobatan bersama cisplatin dan taurin lebih efektif dari pengobatan dengan cisplatin saja.

4. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Manfaat kandungan mineral penting pada gurita, seperti magnesium dan fosfor sangat penting untuk sel-sel otak. Kedua mineral ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, kemampuan memori, perkembangan kognitif, dan proses belajar.

BACA JUGA  Hulu Batalkan Serial Ghost Rider

Apabila Anda memperoleh cukup asupan mineral penting salah satunya melalui daging gurita, hal ini bisa mengurangi risiko penyakit kognitif degeneratif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer pada orang dewasa dan lansia.

Sementara itu, menjaga kesehatan sel-sel otak dan fungsinya pada anak-anak juga bisa membantu proses pembelajaran mereka. Salah satunya anak-anak bisa dengan lebih mudah menyerap informasi yang mereka dapatkan.

5. Meredakan migrain

Migrain atau dikenal sebagai sakit kepala sebelah adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan saraf pada otak. Hal ini ditandai dengan serangan sakit kepala yang intens, melemahkan, dan berulang. Kondisi ini bahkan terjadi pada 1 dari 7 orang di dunia, lho.

Manfaat gurita lainnya adalah dapat meredakan dan mencegah sakit kepala akibat migrain berkat kandungan magnesium di dalamnya. American Migraine Foundation menjelaskan bahwa magnesium bisa memblokir sinyal di otak yang menyebabkan migrain dengan aura.

Selain itu, magnesium bisa menghentikan senyawa kimia tertentu yang menyebabkan rasa sakit. Penurunan kadar magnesium dalam tubuh juga menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit dan bisa saja menjadi faktor pemicu timbulnya migrain.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *