May 11, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Kejar Target Pendapatan Daerah, Bapenda Kabupaten Serang Maksimalkan Layanan Pajak

2 min read

Sebagai upaya mendorong pembangunan daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang terus berupaya mengoptimalkan pendapatan pajak daerah. Situasi pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan bagi pendatan daerah di Kabupaten Serang.

Kepala Bapenda Kabupaten Serang Deddy Setiadi mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan pendapatan pajak daerah sebesar Rp442,63 miliar. Target itu naik dari tahun sebelumnya dari nilai Rp412 miliar. Berarti, ada kenaikan target sebesar Rp30 miliar.

Kepala Bapenda Kabupaten Serang Deddy Setiadi

“Target pendapatan itu berasal dari 11 jenis pajak. Paling besar berasal dari tiga jenis pajak. Yakni, dari pajak penerangan jalan (PPJ) Rp175 miliar, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Rp126,7 miliar, dan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Rp88 miliar,” papar Deddy .

Naiknya target perolehan pajak tahun ini lantaran semangat optimisme pemulihan ekonomi. Apalagi, pemerintah sudah melakukan upaya vaksinasi. “Semangat kita tahun ini pemulihan ekonomi sudah mulai terjadi,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Meski demikian, Bapenda Kabupaten Serang akan melihat perkembangan situasi ekonomi di tahun ini. Jika kondisinya membaik maka target akan dinaikan kembali. “Begitu pun sebaliknya jika kondisinya makin memburuk maka kita akan sesuaikan targetnya, itu nanti dilakukan di anggaran perubahan,” terangnya.

BACA JUGA  Pixar Resmi Luncurkan Trailer Perdana “Soul”

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Maksimalkan Layanan Pajak

Untuk mendorong pendapatan sektor pajak, pihaknya akan melakukan upaya-upaya untuk mengejar target seperti dengan melakukan pelayanan keliling hingga penggalian potensi lain. “Seperti PBB, kita gali potensi objek pajak yang dulunya tanah kosong tapi sekarang sudah berdiri bangunan perusahaan,” ucapnya.

Pelayanan keliling yang dilakukan oleh Bapenda ternyata mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Banyak masyarakat yang antusias membayar pajak melalui mobil pelayanan pajak yang disiapkan oleh Bapenda.

“Dengan membayar pajak berarti sudah berpartisipasi dalam membangun daerah,” ujarnya.

Deddy mengimbau kepada para wajib pajak untuk dapat menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak. Kata dia, pajak yang dibayarkan itu untuk pembangunan daerah yang dilakukan oleh Pemkab Serang. Perlunya membayar pajak harus disadari masyarakat, bahwa pajak merupakan penyokong pembangunan di semua sektor.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *