September 24, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Kebiasaan Menyalakan TV Saat Hendak Tidur, Boleh atau Tidak?

2 min read

Menonton televisi atau tv adalah kegiatan yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Setidaknya, Anda akan menghabiskan waktu untuk menonton tv satu atau dua jam dalam sehari. Nah, jika Anda memiliki kebiasaan menyalakan tv saat hendak tidur, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai efek yang mungkin terjadi dari kebiasaan tersebut. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Efek kebiasaan menyalakan tv saat hendak tidur

Tidak sedikit orang yang sengaja menyalakan tv tepat sebelum pergi tidur. Terkadang, tv menyalan bukan untuk ditonton, melainkan untuk menemani atau mempercepat proses tertidur.

Sebuah penelitian pada tahun 2013 menyatakan bahwa 60% orang dewasa menonton televisi kurang lebih satu jam sebelum tidur. Nah, kebiasaan menyalakan tv saat hendak tidur memang memiliki manfaat sekaligus efek samping tersendiri, seperti berikut:

Manfaat menonton tv sebelum tidur

Banyak orang yang merasa bahwa menonton tv saat hendak tidur dapat membantu dirinya agar merasa lebih rileks. Jika sedang stres, suara dari tv dapat membantu meredakan kecemasan, salah satu kondisi penyebab insomnia.

BACA JUGA  Dilaksanakan Hari ini, Sekda Al-Muktabar Pimpin Pemotongan Hewan Kurban Masjid Raya Al Bantani

Tidak hanya segelintir orang saja yang merasa demikian. Pasalnya, hampir 1/3 orang dewasa memilih untuk menyalakan tv saat hendak tidur sebagai kebiasaan yang dapat membantu agar tidur lebih nyenyak.

Namun, kebiasaan menonton tv sebelum tidur ternyata memiliki lebih banyak efek yang buruk untuk kesehatan Anda, seperti berikut ini.

Efek samping kebiasaan menyalakan tv saat hendak tidur

Ya, meski Anda merasa bisa lebih cepat tidur saat menonton tv sebelum tidur, sebenarnya kebiasaan tersebut justru dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas tidur.

Tidak hanya menonton tv, tetapi menggunakan media elektronik, seperti smartphone, tablet, atau laptop tepat sebelum tidur berkaitan erat dengan kualitas tidur yang buruk.

Belum lagi, kebiasaan ini juga dapat memengaruhi jam tidur Anda. Ini artinya, Anda bisa saja tidur lebih malam dan bangun lebih siang. Tak hanya itu, risiko mengalami kelelahan dan stres juga bisa ikut meningkat.

Berikut adalah beberapa kemungkinan bagaimana kebiasaan menyalakan tv saat hendak tidur dapat memengaruhi kualitas tidur Anda:

  • Jam biologis tubuh dan kadar melatonin tubuh berubah karena terpapar oleh cahaya dari tv.
  • Menonton acara tv yang menarik dapat membuat otak tetap terjaga sehingga Anda tidur lebih larut malam.
  • Tidak sempat atau lupa mematikan tv semalaman dapat membuat Anda sering terbangun tengah malam karena terkejut dengan suara dari acara yang baru, atau suara iklan yang menegangkan.
BACA JUGA  Deklarasi BENPICT, Relawan Ben-Pilar Makin Kuat

Risiko atau efek samping tersebut sebenarnya belum tentu terjadi pada Anda yang memiliki kebiasaan ini. Bahkan, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan mematikan tv jika sudah mengantuk dan siap tidur.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *