October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Jemput Bola, Bapenda Kabupaten Serang Gagas Mobil Keliling Pelayanan Pajak

2 min read
Untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak membayar pajak tepat waktu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang melakukan upaya jemput bola dengan menggagas mobil keliling pelayanan pajak. Apalagi, Kabupaten Serang memiliki daerah yang sangat luas, terdapat 29 kecamatan dan 326 desa, dengan luas wilayah kurang lebih 1.467,35 KM persegi.
Kepala Bapenda Kabupaten Serang Deddy Setiadi mengatakan, jempot bola lewat mobil keliling tersebut merupakan efisiensi dan memperluas jangkauan pelayanan pajak di wilayah Kabupaten Serang. Tahun ini, pihaknya melakukan pengadaan mobil keliling untuk pelayanan pajak.
“Jadi adanya mobil keliling ini gunanya untuk mendekatkan tempat pembayaran pajak,” ucapnya saat ditemui di Kantor Bapenda Kabupaten Serang, Senin (31/5).
Kepala Bapenda Kabupaten Serang Deddy Setiadi
Saat ini, Bapenda Kabupaten Serang  baru mengadakan satu mobil, sebelumnya masih menggunakan mobil keliling Bjb. Jadi, sambungnya, sekarang ada dua mobil yang beroperasi melakukan pelayanan pajak keliling di Kabupaten Serang.

“Kita menjadwalkan mobil ini untuk melakukan pelayanan keliling, tapi bisa juga pihak pemerintah desa mengajukan ke kita. Jadi kita dekatkan pelayanan pajak kepada masyarakat” ucapnya.

BACA JUGA  Optimalisasi Pajak Daerah, Bapenda Kabupaten Serang Lakukan Validasi Data PBB-P2

Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pengendalian Bapenda Kabupaten Serang Ikhwanusofa mengatakan, mobil keliling tersebut pelayanannya memang dikhususkan untuk pengelolaan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

“Mulai dari penagihan, sampai dengan pelayanan administrasi lainnya. Jadi masyarakat yang mau melakukan pelayanan administrasi PBB bisa lewat mobil itu tanpa harus ke Kantor Bapenda,” ujarnya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa
Ia berharap, adanya mobil keliling tersebut dapat mendekatkan pelayanan pajak kepada masyarakat, sehingga penerimaan pajak daerah di Kabupaten Serang dapat meningkat.
Sekadar informasi, Bapenda Kabupaten Serang, mencatat realisasi pajak yang dihasilkan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2020 mencapai Rp80 miliar. Pajak PBB tahun 2020 telah melampaui target. Dari Rp74 miliar yang ditargetkan, realisasi yang masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp80 miliar.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *