October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Jadi Penggerak Ekonomi Desa, DPMD Kabupaten Serang Dorong Semua Desa Punya BUMDes

2 min read

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi desa. BUMDes berfungsi  untuk mengembangkan potensi desa, mengelola dan memanfaatkan potensi sumber daya alam desa, dan mengoptimalkan sumber daya manusia (warga desa) dalam pengelolaannya.

Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang mendorong seluruh desa di Kabupaten Serang yang berjumlah 326 desa agar memiliki BUMDes. Sebab BUMDesa mampu menjadi poros kehidupan masyarakat desa.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto, pembangunan desa dapat ditingkatkan melalui pengembangan potensi perekonomian desa untuk menjadi wadah bersama masyarakat pedesaan dalam membangun diri dan lingkungannya secara mandiri dan partisipatif.

“BUMDes juga sebagai salah satu indikator penilaian Indeks Desa Membangun (IDM). Kita terus mendorong agar semua desa yang ada di Kabupaten Serang memiliki BUMDes. Hingga tahun 2020 sudah ada 101 BUMDes,” papar Rudy.

Rudy mengeaskan, apabila dikelola secara baik, BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa karena bisa berperan dari hulu hingga hilir. Peran dari hulu seperti BUMDes bisa berperan untuk membantu menyalurkan berbagai subsidi pemerintah, mulai dari subsidi pupuk, benih dan lainnya.

BACA JUGA  Cara Membuat Sop Konro ala Makassar

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Sedangkan di sektor hilir, BUMDes bisa jadi pengumpul hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat desa. BUMDes juga bisa bermitra dengan perbankan untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang kini dikelola oleh perbankan pemerintah dan sebagian perbankan swasta.

“Tahun ini, kita targetkan minimal 50 Desa bisa membentuk BUMDes baru. Kita akan dorong BUMDes yang kurang produktif untuk kembali giat,” ujarnya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Sekadar informasi, tahun 2021, DPMD Kabupaten Serang menargetkan 50 Desa bisa membentuk BUMDes baru. Sementara pada tahun 2026 mendatang semua desa ditargetkan harus sudah memiliki BUMDes. Untuk membantu permodalan, pihaknya juga akan mendorong BUMDes untuk bisa bekerjasama dengan salah satu bank daerah.[Adv]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *