May 11, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Ini Peluang Emas Investasi di Kabupaten Serang, Mulai dari Kawasan Industri Hingga Pariwisata

2 min read

Salah satu pertimbangan investor saat memutuskan untuk berinvestasi service area yang mendukung. Investasi sektor industri baik padat modal maupun padat karya masih menjadi pilihan pengusaha saat berinvestasi di Kabupaten Serang. Sebagai tujuan investasi, Kabupaten Serang, memiliki beberapa kawasan yang masih terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Serang, yakni Kawasan Modern Cikande Industrial Estate di Kabupaten Serang seluas 1.800 hektare, Kawasan Industri Wilmar Bojonegara di Kabupaten Serang seluas 800 hektare.

Dua kawasan ini merupakan jantung pengembangan ekonomi di Kabupaten Serang, selain pertanian dan kawasan pariwisata Pantai Anyer dan Cinangka, serta pelabuhan yang ada di Kecamatan Bojonegara. Kawasan Cikande dan Bojonegara dinilai akan menjadi pusat perekonomian di kabupaten Serang. Terutama karena dua zona itu merupakan pusat dari pembangunan perindustrian. Pertumbuhan sektor industri juga memungkinkan bagi sektor lainnya seperti perumahan penududuk yang kini terus bertambah.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Serang Syamsudin

Di sektor Pariwisata, Kabupaten Serang juga memiliki sederet potensi besar. Mulai dari kawasan Pantai Anyer hingga pengembangan wisata religi. Pantai Anyer yang tak pernah sepi pengunjung membuka peluang bagi sektor lain seperti restoran, pegninapan, wahana bermain, cottage, dan pusat perbelanjaan untuk oleh-oleh. Tak hanya wisata pantai, Kabupaten Serang juga mengembangkan wisata religi di wilayah Tanara dan Tirayasa yang juga membutuhkan sektor pendukung lainnya seperti penginapan.

BACA JUGA  DPKD Kabupaten Serang Galakkan Literasi Sekolah Lewat Perpusdes

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang Syamsudin mengatakan, selain didukung oleh kawasan dan kekayaan alam, Pemeritah Kabupaten Serang juga memperhatikan kebutuhan infrastruktur bagi investor. “Kita perhatikan kebutuhan infrastruktur demi kenyamanan penanam modal. Selain itu, kita juga sangat memperhatikan aspel layanan perizinan,” kata Syamsudin.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Selain itu, Syamsudin mengatakan, hasil evaluasi Badan Koordinasi Penanamn Modal (BKPM) RI, Kabupaten Serang juga tidak termasuk daerah yang ada masalah untuk investasi. “Gak ada masalah, karena memang peerintah daerah sangat fokus menangani permasalahan yang ada, Alhamdulillah tidak ada masalah yang sangat prinsip. Artinya aman. Kami memberikan kenyamanan bagi investor,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk ketersediaan lahan di Kabupaten Serang juga masih terbuka, “Apalagi dengan terbukanya akses tol baru (Tol Serang-Panimbang). Bahkan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) kita juga menyesuaikan, ada untuk industri,” ujarnya.[Adv]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *