Maret 29, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Gandeng DLH dan MUI, LDII Lebak Gelar Pengajian Lingkungan

2 min read

LEBAK – LDll Kabupaten Lebak, MUI dan Dinas Lingkungan Hidup Kabulaten Lebak menyelenggarakan pengajian Umum dengan Tema Lingkungan pada Minggu 14 November 2021. Acara digelar di Masjid Al Manshurin, Desa Ancol, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Sebanyak kurang lebih 200 peserta dari warga LDII yang hadir dalam pengajian ini sangat antusias. Di masa penghujan saat ini, diperlukan langkah-langkah antisipatif dalam menghindari bencana banjir dan longsor yang kerap terjadi.

Ketua DPD LDll Kabupaten Lebak Suwito menyampaikan, kegiatan yang ada di LDII Kabupaten Lebak sudah membantu dalam kemaslahatan ummat. Salah satu program dari 8 pengabdian LDll bagi bangsa, yaitu salah satunya adalah Ketahanan Pangan dan Lingkungan.

Pengurus DPW LDII Banten sekaligus pengurus MUI Kota Tangerang Ustadz Yunus berkesempatan hadir membuka acara dengan materi Al Qur’an untuk memberikan dasar bahwa kegiatan lingkungan ini adalah praktek ibadah yang diperintahkan agama.

LDll Kabulapaten Lebak bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak melakukan pengajian dan penyuluhan penanganan sampah Rumah Tangga. Kegiatan berbasis umat ini, apabila diselenggarakan secara sungguh-sungguh oleh seluruh warga dirumah-rumah akan berdampak signifikan.

BACA JUGA  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Tandatangani Surat Rekomendasi Pengajuan Geopark Bayah Dome Sebagai Geopark Nasional

Sebanyak 80 persen sampah dari rumah tangga adalah organik, seharusnya dikelola mandiri dipekarangan rumah. Lalu sisanya adalah sampah non organik yang sebagian besar bisa dimanfaatkan atau dijual langsung seperti plastik kemasan air mineral.

Baru sisanya sebagian kecil adalah sampah plastik / non organik yang akan dibawa ke TPA dalam keadaan sudah terpisah. Gerakan massal ini akan berdampak Pada berkurangnya volume sampah yang dikelola Pemerintah mulai dari komponen tranportasi, tenaga kerja dan polusi yang ditimbulkan termasuk potensi bencana banjir.

Kesbangpol Kabupaten Lebak mengapresiasi upaya ini dan memberikan tanggapan bahwa penanganan sampah tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah saja, erlu dukungan dari masyarakat. Upaya ormas seperti ini yang diharapkan dapat terus berjalan.

Selain itu, MUI Lebak hadir dan memberikan tausiyah pada acara ini diwakili Sekretaris KH Asep Saifullah didampingi ketua komisi dakwah Nurul H Maarif.

Dalam tausyiahnya ia mengatakan bahwa perbedaan-perbedaan yang ada di antara umat islam harus saling menghargai supaya kerukunan tetap terjaga. “Yang perlu dikedepankan saat ini adalah semua elemen, khususnya di Lebak bersatu bekerjasama membantu ummat,” katanya.

BACA JUGA  120 CPNS di Banten Ikuti Latsar, Pemprov Ingatkan ASN Harus Miliki Inovasi

Bersama dengan jajaran pengurus LDll Kabupaten Lebak, Kesbangpol dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak, MUI Kabupaten Lebak melakukan Peluncuran simbolis Pemisahan sampah di halaman masjid dengan menerima bibit pohon produktif yang dapat ditanam di halaman rumah warga untuk mencegah bahaya longsor dan memperbaiki kualitas air tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *