April 20, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

DPRD Kabupaten Serang Siap Kawal Pembangunan Infrastruktur Jalan

2 min read

Komisi IV DPRD Kabupaten Serang siap mengawal agenda pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serang. Terutama, soal kualitas pembangunan yang dilakukan oleh para kontraktor.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Serang Ahmad Zaeni mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur. Terutama, pembangunan jalan yang menjadi sendi ekonomi masyarakat.

Bersama DPRD, kata Zaeni, Bupati Tatu sudah menargerkan pembangunan jalan terselesaikan pada 2021. Jalan sepanjang 601 kilometer itu akan dibangun dengan sistem betonisasi. Sebagai lembaga legislatif, kata Zaeni, pihaknya mempunyai tiga fungsi. Pertama, fungsi legislasi yakni membuat regulasi untuk kepentingan masyarakat. Kemudian, fungsi budgeting yang menggodok alokasi APBD untuk pembangunan daerah, dan fungsi pengawasan sebagai mitra kerja Pemkab Serang.

Melalui fungsi legislasi, pihaknya sudah membuat peraturan daerah (Perda) percepatan pembangunan infrastruktur. Dalam Perda itu, ditargetkan pembangunan 100 kilometer jalan setiap tahunnya. Kemudian, melalui fungsi budgeting pihaknya sudah mendorong anggaran untuk diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur.

BACA JUGA  Perampok Toko Emas di Balaraja, Tangerang Diduga Residivis

Pihaknya juga akan melakukan fungsi pengawasan sebagai mitra kerja Pemkab Serang. Fungsi pengawasan ini akan dilakukan dengan cara melakukan pengawasan pada setiap tahapan pembangunan infrastruktur. Terutama, memastikan kualitas pembangunan jalan sehingga sesuai dengan perencanaan.

Menurut Zaeni, niat Bupati Serang untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur harus disambut baik oleh semua pihak. “Jangan sampai niat baik bupati ini, tapi ketika pelaksanaannya oleh kontraktor kualitasnya tidak baik, ini yang akan kita awasi di lapangan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga konsen melakukan pengawasan lingkungan hidup. Dalam beberapa kesempatan, Komisi IV sudah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada beberapa perusahaan.

“Kita ingin memastikan jika perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Serang itu memerhatikan lingkungannya, jika ada yang mencemari lingkungan kita tidak akan segan-segan untuk menindak,” katanya.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *