Juli 12, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

DPKD Kabupaten Serang Kejar Target Minat Baca, Ini Langkah-langkah Strategis yang Dilakukan!

2 min read

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang terus berupaya meningkatkan tingkat kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) di Kabupaten Serang. DPKD terus merangkai sejumlah program kerja prioritas untuk mengejar target tersebut.

Kepala DPKD Kabupaten Serang Aber Nurhadi mengatakan, pihaknya baru saja melakukan forum perangkat daerah tahun 2024. Dalam kegiatan tersebut ada beberapa isu yang dibahas. Pertama, terkait peningkatan tingkat kegemaran membaca masyarakat (TGM). Dari isu itu yang menjadi indikator utama terkait frekuensi membaca yakni seberapa sering aktivitas membaca dalam satu Minggu. Lama membaca, seberapa lama waktu membaca dalam satu hari.

Kemudian jumlah buku yang tamat dibaca dalam tiga bulan, frekuensi akses internet yakni seberapa sering aktivitas akses internet dalam satu minggu. Kemudian preferensi atau lama waktu akses internet dalam satu hari. Kedua, peningkatan indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM). Indikator utamanya yakni pemerataan layanan perpustakaan. Mencakup akses fisik memastikan bahwa perpustakaan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh anggota masyarakat termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil atau terpinggirkan.

BACA JUGA  Resep Simpel Bubur Ikan

“Hal ini melibatkan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur perpustakaan yang inklusif dan ramah pengguna seperti aksesibilitas bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Perpustkaan Keliling

Saat ini kata Aber, DPKD Kabupaten Serang telah didukung oleh lima kendaraan operasional perpustakaan keliling. Bila dibandingkan dengan jumlah desa di Kabupaten Serang tentu masih belum bisa semua terlayani. Oleh karena itu mulai tahun 2024 DPKD Kabupaten Serang memprogramkan digitalisasi perpustakaan melalui e-books dan spot baca.

“Dengan sistem ini diharapkan masyarakat bisa menjangkau perpustakaan lewat aplikasi Serang Tatu atau iLiberarySerangKab,” ucapnya.

Kantor Dinas di Pemkab Serang Diajak Sediakan Pojok Baca

Ia mengatakan, terkait sarana prasarana Pemkab Serang sedang menyiapkan atau membuat rancang bangun rinci detail engineering design (DED) diatas tanam seluas 2 hektare. Lahan tersebut untuk membangun gedung perpustakaan dan kearsipan daerah yang berlokasi di Jalan Palka KM 2 Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran.

Kemudian kata Aber, ketersediaan materi. Dalam hal ini pihaknya memastikan bahwa koleksi perpustakaan mencakup beragam jenis dan format bahan bacaan, termasuk buku cetak, ebook, kacamata realistis virtual, majalah, dan materi audiovisual. “Pemerataan juga mencakup mengakomodasi kebutuhan khusus kelompok masyarakat, seperti koleksi bahan bacaan untuk anak-anak, remaja, orang dewasa atau kelompok etnis tertentu,” katanya.

BACA JUGA  Polda Banten Ungkap Kasus Penyalahgunaan Obat-obatan Terlarang

Selanjutnya, program dan layanan. DPKD perlu menyediakan program dan layanan perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat beragam anggota masyarakat. Seperti program literasi, pelatihan penggunaan teknologi informasi, klub buku, pertemuan komunitas dan layanan bimbingan dan konsultasi,” ucapnya.[Adv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *