May 10, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Dorong UMKM Naik Kelas, Diskoperindag Kabupaten Serang Bantu Permodalan hingga Fasilitasi Legal Usaha

2 min read

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbilang tahan banting terhadap gejoka perekonomian tanah air, termasuk saat pandemi. Untuk itu, pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu program prioritas di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang. Program itu bagian dari upaya Pemkab Serang dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Diskoperindag sudah menyiapkan beberapa program kerja untuk mendukung pengembangan UMKM di Kabupaten Serang. Mulai dari bantuan permodalan, pelatihan dan pembinaan, mendorong UMKM naik kelas, hingga mendorong lahirnya wirausaha baru,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Plauri, baru-baru ini.

Plauri menjelaskan, tahun ini Diskoperindag sudah menganggarkan untuk bantuan prmodalan UMKM. Bantuan itu akan disalurkan melalui unit pengelola kegiatan (UPK) di setiap kecamatan. Syaratnya, UMKM yang akan menerima bantuan itu harus sudah memiliki izin usaha mikro kecil (IUMK).

“Diskoperindag juga mendorong para UMKM untuk dapat mandiri dan mempunyai daya saing. Yakni, dengan memberikan vasilitasi legal usaha dan legal produk. Legal produk itu seperti label halal, PIRT (izin produk industri rumah tangga), dan layak sehat,” jelas Plauri.

BACA JUGA  Sulitnya Membuat Lapis Serawak, Salah Sedikit Bisa Fatal

Tidak hanya itu, untuk memfasilitasi labeh standar nasional Indonesia (SNI) kepada produk UMKM, pihaknya bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN). Sebab, legalitas itu sangat diperlukan, apalagi jika usahanya sudah berkembang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Plauri menambahkan, setiap tahunnya Pemkab Serang menargetkan 376 wirausaha baru di Kabupaten Serang. Terutama, pada desa-desa yang butuh pengembangan ekonomi.  Setiap tahunnya, ditargetkan ada 29 pelaku UMKM yang naik kelas dari mikro ke kecil.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

“UMKM naik kelas itu dapat diukur dari nilai asetnya dan omzetnya, tentu cara pengembangannya dengan meningkatkan pemasarannya dan kualitas produknya. Tak hanya itu, ada beberapa OPD yang melakukan pelatihan, seperti Disnakertrans, DPMD, Distan, kita yang menindaklanjuti hasil pelatihannya untuk memulai wirausaha baru,” pungkasnya.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *