June 24, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

DLH Kabupaten Serang Tindak Tegas Perusahaan yang Mencemari Lingkungan

2 min read

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serangberkomitmen akan menindak tegas bagi perusahaan yang mengabaikan kebersihan dan kesehatan sekitar. Seperti baru-baru, terjadi peristiwa penggerebekan yang dilakukan oleh warga Desa Leuwi Limus, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang terhadap limbah PT Xiang Wang yang diduga  perusahaan mencemari.

Kepala DLH Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan, pihak desa dan kecamatan. “Kita panggil dan cek ke lapangan. Pertemuannya minggu kemarin dan melibatkan kepala desa juga, kemudian di kecamatan pun juga ada musyawarah dengan masyarakat dari pihak perusahaannya itu,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Ia juga menjelaskan, pihak perusahaan akan memperbaiki alat filter yang ada di perusahaannya. Pihak DLH Kabupaten Serang juga akan menindak tegas perusahaan tersebut jika perusahaan masih belum memperbaiki.

“Ya itu masih uji coba, izinnya ada di Kementerian. Udah dicek ke lapangan memang ada kelemahan di dalam filter produksinya dan lagi diperbaiki dan dari hasil komunikasinya mungkin seminggu ini mereka akan berhenti dulu untuk memperbaiki filterisasinya. Ada filter yang memang belum bisa menyerap bau secara baik. Dan kita juga sarankan untuk bahan bakunya dikurangi dari H2S (Hydrogen Sulfide) gitu. Itu kan izinnya dari Kementerian, nanti akan kita laporkan ke Kementerian,” katanya.

BACA JUGA  MUI Belum Pastikan Kehalalan Vaksin Covid-19

Sebelumnya diberitakan, sejumlah warga Desa Leuwi Limus, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang melakukan penggerebekan kepada PT Xiang Wang dikarenakan bau yang menyengat dari perusahaan tersebut. Keluhan itu sudah dirasakan warga sejak dua bulan terakhir.

Sebagai daerah yang memiliki kawasan industri terbesar di Banten, DLH Kabupaten Serang memiliki komitmen untuk tetap menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem dari dampak kegiatan usaha/industri yang ada di Kabupaten Serang, salah satunya melalui program pencegahan dampak lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto mengatakan, untuk mencapai tujuan dari program yang dicanangkan DLH, pihaknya mendorong dan memotivasi para pelaku usaha dan masyarakat akan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup guna meningkatkan kualitas dan daya dukung lingkungan hidup.

“Kami melakukan pengkajian dampak lingkungan melalui proses penilaian dokumen lingkungan hidup sampai dengan penerbitan persetujuan, mitigasi lapangan terkait kegiatan/usaha yang mengajukan dokumen lingkungan dan penyusunan dokumen RPPLH (Kajian Identifikasi dan Sebaran Dampak Kegiatan Usaha),” kata Sri Budi Prihasto saat ditemui di kantornya.[]

BACA JUGA  Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kabupaten Serang Ajak Masyarakat Siaga Bencana

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *