December 7, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Cara Memasak Makanan Sehat untuk Jantung

2 min read

Anda bisa melindungi jantung dan pembuluh darah dengan beberapa cara, seperti:

  • Makan makanan yang mengandung sedikit lemak “jahat” atau tidak sehat (lemak trans, lemak jenuh, dan kolesterol) dan pilih makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.
  • Jaga berat badan sehat dengan menjaga porsi makan dan buat pilihan makanan sehat.
  • Kurangi asupan sodium Anda, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Bahan dan cara yang Anda gunakan untuk memasak dapat memberi perbedaan yang besar. Beberapa tips praktis berikut bisa Anda ikuti untuk mengingat seperti apa makanan sehat untuk jantung dan bagaimana memasaknya.

Pilih lemak yang tepat, dan sesuaikan!

Ini berarti Anda harus membatasi makanan tinggi lemak trans, lemak jenuh, dan kolesterol, seperti makanan ringan olahan dan permen, makanan panggang, makanan yang digoreng, produk susu tinggi lemak, lemak padat, dan daging yang tinggi lemak.

Sebaliknya, pilihlah makanan berprotein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Batasi jumlah makanan ringan olahan dan dipanggang. Pilihlah makanan segar yang lebih bergizi untuk disertakan dalam makanan ringan, seperti sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah. Saat memasak, jangan gunakan mentega atau margarin, tapi cobalah minyak nabati sehat secukupnya.

BACA JUGA  Amankan Informasi dan Data, Pemkab Serang Luncurkan Aplikasi 'Simanis Tatu'. Apa Itu?

Sertakan Omega-3

Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak sehat yang membantu mencegah penyumbatan arteri. Sebaiknya masukkan ikan (tidak digoreng) dalam rencana makan Anda, setidaknya 2 kali seminggu, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. “Lemak” ini terdapat dalam beberapa ikan termasuk salmon, tuna, herring, trout, mackerel, dan sarden.

Makanan lain yang menyediakan asam lemak Omega-3 adalah produk kedelai, kenari, biji rami, dan minyak canola. Sangatlah bagus jika Anda bisa menyertakan beberapa sumber ini dalam diet Anda. Cobalah campuran kenari dengan oatmeal di pagi hari atau tambahkan tahu untuk tumisan Anda.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *