May 11, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Buka Peluang investasi, DPMPTSP Kabupaten Serang Permudah Pelayanan Perizinan

2 min read

Pelayanan perizinan memiliki peranan penting dalam kegiatan penanaman modal. Oleh karenanya, Pemkab Serang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang terus berupaya memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan secara optimal untuk kemudahan berinvestasi di Kabupaten Serang.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Serang Syamsudin mengatakan, untuk mempermudah proses perizinan, pihaknya sudah memberlakukan perizinan online. Sebelumnya ada sistem informasi manajemen perizinan online (Simponie), kemudian beralih ke aplikasi siCantik Cloud (Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik) dari Pemerintah pusat.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Target 2021 ini DPMPTSP Kabupaten Serang mensrhetka perpindahan dari Simponie ke si Cantik, seperti intruksi dari pemerintah pusat. Selain itu, pihaknya menerapkan
Pelayanan perizinan online yakni online single submission (OSS) atau pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

“Untuk proses perizinan, kaau dulu didaerah dulu baru ke pusat, kalau sekarang pusat dulu baru proses di daerah. Jadi izinnya ke pusat dulu, baru ke daerah,” katanya.

BACA JUGA  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Disnakertrans Kabupaten Serang Siapkan Program Transmigrasi

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Saat ini, proses perizinan paling lama empat hari untuk perizinan yang tidak memerlukan kajian panjang. Meskipun ada beberapa jenis izin yang bisa ditunggu langsung.

“Itu amanat OSS. Jadi kajian yang lama itu kalau dibikin kajian lingkungan pihak konsultan yang melaksanakan itu kemudian dokumennya dikirim untuk pengesahan OSSnya. Jika perizinannya perlu sinergitas dengan provinsi, kita teruskan ke provinsi,” katanya.[Adv]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *