May 11, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

BPBD Kabupaten Serang Libatkan Masyarakat Tanggulangi Bencana

2 min read

Peran masyarakat dalam menanggulangi bencana sangat besar. Untuk itu, dalam melakukan penanganan kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang senantiasa melibatkan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi di daaerahnya masing-masing. Sehingga, masyarakat memahami tindakan apa yang harus dilakukan ketika ada bencana.

“Yang tak kalah penting, BPBD Kabupaten Serang juga ingin melibatkan masyarakat dalam rangka mitigasi bencana. Yakni, dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait kebencanaan kepada masyarakat,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana.

Nana mengatakan, ada dua penanganan kebenecanaan yang menjadi fokus instansinya. Yakni, penanggulangan bencana dan kedaruratan, serta penanggulangan penyelematan kebakaran dan non kebakaran.

“Kemudian, juga penataan sistem dasar kebencanaan. Termasuk juga bagaimana mengantisipasi terjadinya bencana dan juga memberikan pertolongan pertama saat bencana,” jelas Nana.

Pihaknya mengaku sudah melakukan kegiatan pelatihan manajemen organisasi kelompok masyarakat siaga bencana (KMSB) di Kecamatan Anyar. Pada pelatihan itu, kata dia, melibatkan 15 kecamatan dengan perwakilan masing-masing desa.

BACA JUGA  Ip Man 4 Rilis Final Trailer

Selain itu, BPBD Kabupaten Serang juga sudah membentuk desa tanggap dan tangguh bencana di beberapa desa, yakni desa dengan masyarakat yang sudah memahami apa yang harus dilakukan saat terjadinya bencana.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Nana menambahkan, BPBD Kabupaten Serang terus melakukan upaya untuk meningkatkan penanganan kebencanaan di Kabupaten Serang. Yakni, dengan melakukan pencegahan dan meminimalisasi dampak bencana.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Serang untuk mengoptimalkan penanganan kebencanaan. Mulai dari penyediaan sarana prasarana yang cukup, pendekatan akses ke masyarakat, hingga sistem yang berjalan dengan terintegrasi.[Adv]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *