October 28, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Berkat Sinergi Program, DPKPTB Kabupaten Serang Pastikan RTLH Makin Berkurang

2 min read

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 07/PRT/M/2018 Tahun 2018 tentang Bantuan Sosial Penanganan Rumah Tidak Layak Huni dan Keputusan Bupati Serang N0. 20   Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Sosial Penanganan Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Serang, Pemerintah Serang melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang terus membenahi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Kabupaten Serang.

Alhasil RTLH di Kabupaten Serang semakin berkurang. Pada 2017 ada sebanyak 9.195 unit RTLH dan penanganan pada tahun 2019-2020 sebanyak 4.435 unit. Pada tahun 2021, jumlah penanganan RTLH sebanyak 1.340 unit. Saat ini, sisa RTLH yang belum dibangun sebanyak 3.109 unit.

Kepala Dinas DPKPTB Kabupaten Serang Irawan Noor

Kepala Dinas DPKPTB Kabupaten Serang Irawan Noor mengatakan, penanganan RTLH di Kabupaten Serang didukung oleh beberapa stakeholder, OPD di daerah maupun pusat. Adapun program prioritas terkait penanganan RTLH di Kabupaten Serang mencakup program bantuan stimulan perumahan swadaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, penanganan RTLH masyarakat miskin oleh Dinas Sosial Kabupaten Serang, program beda rumah melalui dana CSR yang melibatkan para pihak swasta, dan program bedah rumah melalui dana sosial Korpri.

BACA JUGA  Fasilitasi Kegiatan Masyarakat, DPKPTB Kabupaten Serang Bangun Fasos Fasum di Tiap Kecamatan

Sebelum (RTLH)

Sesudah (RTLH)

“Seluruh program berjalan dengan satu data RTLH, sehingga memudahkan kami melakukan pendataan bagi masyarakat yang berhak mendapatkan program RTLH,” kata Irawan.

Irawan menambahkan, progres perbaikan RTLH terus mengalami perubahan. Perbaikan RLTH dilaksankana dengan bersinergi program pemerintah pusat, Pemprov Banten, Pemkab Serang, infak aparatur sipil negara (ASN), Baznas Kabupaten Serang, dan sumbangan pihak swasta.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

“Keunikan dan keunggulan program perbaikan rutilahu atau RTLH ini, karena ada sinergi para stakeholder. Serta ucapan terima kasih kepada masyarakat yang turut membantu swadaya perbaikan rumah tidak layak huni,” katanya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, terus berkomitmen untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH-Rutilahu) yang masih banyak di Kabupaten Serang. Menurut Tatu, kepedulian untuk membangun RTLH di  wilayah Kabupaten Serang tidak harus selalu mengandalkan pemerintah, swadaya masyarakat juga sangat dibutuhkan.

“Tentunya kami meminta dukungannya kepada masyarakat agar permasalahan RTLH di Kabupaten Serang bisa diselesaikan dengan baik,” kata Tatu dalam berbagai kesempatan.[Adv]

BACA JUGA  Rakernas Pertanian, Wagub Banten: Pak Presiden Minta Atensi Khusus

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *