Maret 28, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Benarkah Orang Berkacamata Terkesan Lebih Pintar?

2 min read

Pada tahun 2018, terdapat sebuah penelitian yang hendak mengidentifikasi mengapa kecerdasan dapat muncul pada gen tertentu. Penelitian tersebut melibatkan sekitar 300.000 peserta yang diharuskan menjawab soal agar para peneliti dapat menentukan tingkat kecerdasan mereka.

Para peserta yang mengikuti penelitian tersebut memiliki keturunan nenek moyang yang berasal dari negara-negara di Eropa dengan rentang usia 16-102 tahun. Pada kelompok ini terlihat bahwa mereka memiliki tingkat kecerdasan 28% lebih tinggi, dan membutuhkan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, lebih dari 32% peserta menderita rabun jauh (miopi).

Akan tetapi, penelitian ini masih sangat terbatas karena semua pesertanya berasal dari negara di Eropa. Akibatnya, sulit memperkirakan kecerdasan manusia yang berasal dari benua lain selain Eropa, seperti di Indonesia atau negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Hal tersebut dikarenakan terdapat perbedaan antara orang Eropa dan Asia, mulai dari latar belakang budaya, wilayah geografis, dan iklim juga ikut berpengaruh. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti mengapa orang berkacamata terlihat lebih pintar.

BACA JUGA  Dukung Pemulihan Wisata, BPBD Provinsi Banten Gelar Gladi Kesiapsiagaan Bencana

Mengapa orang membutuhkan kacamata dalam kehidupannya?

kacamata anti radiasi komputer

Pada dasarnya, tidak semua orang berkacamata ingin terlihat pintar dan menggunakannya semata bagian dari fashion. Alasan utama mereka memakai benda tersebut adalah penglihatan yang buruk.

Banyak gangguan penglihatan yang membutuhkan kacamata, mulai dari rabun dekat, rabun jauh, hingga presbiopia atau penglihatan buram terutama saat membaca karena faktor usia di atas 40 tahun.  Faktor penyebabnya pun beragam, tetapi karena kini sudah memasuki era komputer, kebanyakan orang mulai memakai kacamata karena terlalu sering menggunakan komputer.

Maka itu, perlu dipahami buka berarti orang yang berkacamata pasti pintar atau memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Bila Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini, mungkin Anda membutuhkan kacamata sebagai pendukung indera penglihatan Anda.

  • Penglihatan buram dan kabur
  • Sakit kepala
  • Merasakan sakit pada daerah sekitar mata
  • Sensitif terhadap cahaya terang
  • Harus menyipitkan mata agar dapat melihat
  • Penglihatan berbayang
  • Memiliki kesulitan saat menyetir

Tips memilih kacamata

gagang kacamata

Jika Anda memang membutuhkan kacamata karena penglihatan yang semakin buruk, silakan pilih kacamata berdasarkan bentuk wajah Anda.

  • Pilih bingkai kacamata yang tidak menyentuh pipi dan bulu mata
  • Pastikan posisi mata Anda berada di tengah lensa
  • Cobalah untuk menyesuaikan kaitan bingkai kacamata di belakang telinga dan pangkal hidung untuk ukuran yang pas
  • Bila perlu, tambahkan nose pads pada kacamata untuk mencegah kacamata berubah posisi di hidung dan memberikan kenyamanan.
BACA JUGA  Kabar Duka, Dalang Ki Manteb Tutup Usia

Setelah berhasil menemukan kacamata yang tepat, pastikan untuk menggunakannya saat dibutuhkan saja. Jika saat beraktivitas, seperti berolahraga, penggunaan kacamata membatasi ruang gerak Anda, mungkin lensa kontak adalah pilihan yang tepat.

Meski anggapan orang berkacamata lebih pintar masih dipercaya bahkan mulai ada penelitian ilmiah yang mendukung, bukan berarti Anda bisa memakainya sembarangan dan tak sesuai dengan kondisi Anda. Daripada itu, perbanyaklah wawasan Anda dari berbagai sumber.

Menjaga kesehatan mata juga tetap baik karena tetap lebih nyaman jikah hidup tanpa gangguan penglihatan, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *