March 5, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Banyak Virus, Mengapa Kelelawar Kebal Terhadap Penyakit

2 min read

Kode-kode genom kelelawar mengandung petunjuk genetis yang menunjukkan kelelawar memiliki “sistem kekebalan luar biasa” yang melindungi mereka dari virus-virus yang mematikan.

Ilmuwan telah mendapatkan cetakan biru genetik dari enam spesies kelelawar di dunia.

Kode genetik hidup mereka mengandung petunjuk genetik atas “imunitas luar biasa” kelelawar, yang melindungi mereka dari virus-virus mematikan.

Periset berharap menggunakan informasi tersebut untuk menguak rahasia bagaimana kelelawar bisa memiliki virus corona, namun tidak jatuh sakit.

Menurut mereka, ini mungkin bisa memberikan solusi guna membantu melindungi kesehatan manusia dalam pandemi kali ini dan di masa depan.

Profesor Emma Teeling dari University College Dublin mengatakan sekuens genom “istimewa” yang mereka temukan menunjukkan kelelawar mungkin memiliki “sistem kekebalan yang unik.”

Memahami bagaimana kelelawar bisa menoleransi virus tanpa menjadi sakit dapat membantu mengembangkan perawatan pasien yang terkena beberapa virus seperti Covid-19.

“Sistem kekebalan tubuh telah berevolusi, kita tidak perlu menemukan ulang. Kini kita memiliki alat untuk memahami langkah-langkah yang perlu kita ambil; kita perlu mengembangkan obat-obatan untuk mendapatkannya.”

Prof Teeling adalah salah satu pendiri proyek Bat1K, yang bertujuan untuk mendekode genom dari 1.421 spesies kelelawar yang hidup di dunia.

“Genom-genom tersebut adalah alat yang kita butuhkan untuk mengidentifikasi solusi genetik yang telah berevolusi dalam kelelawar yang pada akhirnya dapat kita pakai untuk mengurangi penuaan dan penyebaran penyakit,” katanya.

Covid-19 diperkirakan berasal dari kelelawar, yang disebarkan ke manusia melalui hewan lainnya yang kini belum teridentifikasi. Sejumlah penyakit lainnya, termasuk SARS, MERS, dan Ebola, diperkirakan menyebar ke manusia dengan cara yang sama.

Pakar lingkungan dan perlindungan alam telah memperingatkan bahwa kelelawar seharusnya tidak dihakimi; jika mereka tidak diganggu di habitat alamiahnya, mereka tidak mengancam kesehatan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *