April 19, 2024

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Apakah Mata Juling Bisa Disembuhkan?

3 min read

Mata juling adalah kelainan pada mata yang terjadi akibat berbagai sebab. Orang yang menderita mata juling tidak jarang sering dikucilkan serta menjadi bahan olokan, karena kelainan pada matanya tersebut. Tapi, apakah mata juling sebenarnya bisa disembuhkan? Apakah cara penyembuhannya hanya dengan operasi?

Apa yang menyebabkan mata juling?

Mata juling adalah kondisi di mana mata tidak mampu untuk melihat ke satu arah dan fokus pada titik kejauhan.

Strabismus, atau mata juling dalam bahasa medis ini biasanya terjadi pada anak-anak atau bayi yang sedang mengalami perkembangan fisik.

Sebagian besar kasus yang terjadi pada anak-anak, mata juling diakibatkan karena otak, otot mata, serta saraf mata tidak terkoordinasi dengan baik.

Dalam beberapa kejadian, mata juling juga bisa diakibatkan oleh keturunan.

Mata juling jarang terjadi ketika seseorang sudah berusia dewasa. Meskipun begitu, stroke, trauma pada otak, serta diabetes adalah faktor risiko yang bisa menyebabkan mata juling pada orang dewasa.

BACA JUGA  Buka PKN Tingkat II, Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Kuatkan Birokrasi Berdampak

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan segera, maka bukan tidak mungkin anak akan mengalami penurunan kemampuan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Bagaimana mengobati mata juling?

Ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mata juling, yaitu:

  • Menggunakan kacamata atau lensa, hal ini dapat membantu orang dengan mata juling untuk fokus dalam melihat objek.
  • Pemberian obat-obatan melalui suntikan. Obat yang diberikan adalah obat yang berfungsi untuk meregangkan otot mata sehingga memudahkan penderita untuk lebih fokus.
  • Terapi lensa prisma. Lensa ini khusus diberikan untuk pasien dengan mata juling. Cara kerja lensa ini dengan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata agar mata mudah fokus untuk melihat berbagai objek.
  • Melakukan operasi. Operasi dilakukan dengan tujuan untuk meluruskan serta membenarkan otot mata yang tidak benar. Tetapi biasanya metode ini sangat mahal untuk dilakukan.

Terapi mata juling dengan olahraga mata

Olahraga mata adalah salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati mata juling.

BACA JUGA  Bebas Bersyarat, Jefri Nichol Tak Perlu Jalani Proses Rehabilitasi di RSKO

Namun, bukan berarti terapi ini dapat menggantikan posisi terapi medis yang sebaiknya di jalani oleh penderita.

Lalu apa saja tahapan terapi mata juling dengan cara olahraga mata? Berikut adalah caranya:

Pushup pencil. Cara pertama ini dapat dilakukan dengan bantuan pensil. Pensil diletakan pada satu titik sejajar dengan mata, kemudian penderita diminta untuk berusaha untuk melihat pensil tersebut dengan kedua mata mereka.

Lalu, jauhkan dan dekatkan pensil ke arah mata. Lakukan hal ini selama 15 menit setiap harinya dengan 100 kali pengulangan. Cara ini dapat melatih mereka untuk fokus.

Brock string. Olahraga ini membutuhkan tali sepanjang 12-30 cm dan manik-manik dengan 3 warna yang berbeda yang akan dikaitkan ke tali.

manik dipasang dengan jarak yang sama, kemudian tali yang sudah terpasang manik tersebut diposisikan di depan hidung. Lalu, penderita diminta untuk melihat dengan fokus warna manik yang ada di depannya.

Apakah mata juling bisa kembali normal?

Setelah melakukan perawatan medis, seperti operasi, pada sebagian besar kasus mata yang juling sudah bisa melihat lurus.

BACA JUGA  Gurih, Resep Kulit Ayam Pedas

Akan tetapi, kemampuan penglihatannya mungkin masih sama seperti penderita belum melakukan tindakan medis.

Sebenarnya, pada kasus yang ditemukan dalam kondisi dini, mata juling dapat menjadi normal kembali. Kemampuan penglihatan bisa hilang jika pengobatan yang harusnya dilakukan tertunda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *