September 25, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Apakah Berkeringat Bisa Membakar Lebih Banyak Lemak?

2 min read

Berkeringat adalah proses pendinginan yang dilakukan tubuh untuk membantu menjaga suhu tetap optimal. Namun, berkeringat bukanlah tolak ukur ideal untuk menentukan seberapa kuat intensitas olahraga yang Anda lakukan. Berolahraga akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak.

Sebuah studi pada 20 atlet pesepeda menemukan bahwa berolahraga dalam suhu panas, bisa membantu meningkatkan produksi keringat. Hal ini akan membantu proses pendinginan tubuh dan peningkatan aliran darah ke kulit jadi lebih baik.

Masing-masing orang memproduksi keringat dalam jumlah yang berbeda. Wanita cenderung memiliki lebih banyak jumlah kelenjar keringat daripada pria, tetapi kelenjar keringat pria akan bekerja lebih aktif. Artinya, pria secara alami berkeringat lebih cepat dan lebih banyak daripada wanita meski jumlah kelenjar keringat yang diaktifkan sama banyak, serta intensitas suhu dan aktivitas fisik juga sama rata.

Orang yang bugar juga bisa berkeringat lebih cepat selama berolahraga karena suhu tubuh mereka lebih rendah daripada orang-orang yang kurang aktif bergerak (sedentari). Mereka yang jarang berolahraga atau tidak pernah berolahraga sebelumnya lebih sulit berkeringat karena tubuh mereka lebih lambat memanas.

BACA JUGA  Wahidin Halim: Pemprov dan BPN Bersinergi Selesaikan Persoalan Tanah di Banten

Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas juga memproduksi keringat berlebih dibanding individu dengan berat badan normal. Sebab lemak yang dimiilikinya bisa bertindak sebagai penghantar panas (insulator) yang menaikkan suhu inti tubuh. Selain itu, orang muda juga lebih banyak berkeringat dibandingkan dengan orang tua.

Selain itu, seberapa banyak Anda berkeringat bergantung pada beberapa hal lain di luar tubuh Anda. Mengenakan pakaian berbahan sintetis saat olahraga akan menjebak panas dalam tubuh yang akan membuat Anda lebih cepat kegerahan dan lebih mudah berkeringat.

Sedikit atau banyaknya keringat yang tubuh Anda hasilkan selama berolahraga, tidak sama dengan jumlah kalori yang Anda bakar. Sehingga berkeringat lebih banyak belum tentu efektif untuk menurunkan berat badan Anda.

Berolahraga dalam ruangan panas untuk mengeluarkan lebih banyak keringat seperti Bikram yoga juga tidak terlalu berpengaruh penurunan berat badan. Sebuah studi dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa jumlah kalori yang terbakar saat melakukan Bikram yoga hampir sama ketika jalan cepat dengan durasi yang sama.

BACA JUGA  Marquez Diprediksi Tetap Dominasi MotoGP Usai Pulih Cedera

Bikram yoga selama 90 menit hanya mampu membakar 410 kalori pada pria dan 330 kalori pada wanita. Hal ini tentu berbeda dengan latihan kardio, seperti berlari dengan kecepatan 5 meter per jam yang mampu membakar 600 kalori dalam 60 menit latihan.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *