July 30, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

Amankah Pepaya Jika Dikonsumsi untuk Pengidap Diabetes?

3 min read

Memilih buah yang aman untuk penyakit diabetes perlu mempertimbangkan beberapa hal, salah satu yang paling penting adalah kadar gulanya.

Pasalnya, ketika Anda memiliki diabetes, artinya tubuh tidak menghasilkan cukup hormon insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan baik.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin atau berhenti merespons hormon insulin, terlalu banyak gula darah yang tertinggal di aliran darah Anda.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan komplikasi diabetes yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, hingga penyakit ginjal.

Oleh karena itu, pengidap diabetes boleh saja mengonsumsi pepaya, tetapi jumlahnya harus dibatasi dan disesuaikan dengan rencana pengobatan dari dokter.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pengidap diabetes sebelum mengonsumsi pepaya.

Kandungan gula dalam pepaya

Pepaya, atau bahasa latinnya Carica papaya, mengandung gula yang cukup banyak untuk pengidap diabetes. Dalam 100 gram (g) buah pepaya, kira-kira terdapat 7,82 g gula.

Pada dasarnya, buah-buahan memang mengandung gula yang membuat rasanya menjadi manis dan lezat.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menganjurkan konsumsi gula 10% dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan per orang per hari (50 g per orang per hari).

Jika Anda mengidap diabetes, konsumsi gula yang dianjurkan dokter mungkin lebih rendah daripada yang anjuran Kemenkes RI.

Indeks glikemik buah pepaya

IG atau indeks glikemik merupakan angka (antara 1-100) yang menunjukkan seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah Anda.

Semakin tinggi nilai IG, semakin cepat pula gula darah Anda melonjak. Indeks glikemik buah pepaya adalah 60, yang berarti masuk dalam kategori IG sedang.

Jadi, gula darah Anda tidak akan terlalu cepat melonjak jika mengonsumsi pepaya dalam jumlah yang terbatas.

Apakah pepaya bermanfaat untuk pengidap diabetes?

Pepaya mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti vitamin A, B1, B3, B5, E, K, serat, kalsium, folat, potasium, hingga magnesium.

BACA JUGA  Resep Menu Dimsum Lezat

Berkaitan dengan penyakit diabetes, pepaya berpotensi dapat membantu menurunkan kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh.

Ini karena pepaya dinilai memiliki efek hipoglikemik pada tubuh, menurut studi yang tertera pada Journal of Diabetes and Endocrinology.

Selain itu, pepaya mengandung senyawa flavonoid yang mampu memperbaiki metabolisme glukosa hingga mengatur hormon dan enzim dalam tubuh manusia.

Hal itu disebutkan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition & Metabolism pada tahun 2015.

Menurut penelitian tersebut, temuan manfaat flavonoid itu mungkin mampu melindungi manusia dari sejumlah penyakit, seperti obesitas dan diabetes serta berbagai komplikasinya.

Namun, penelitian tambahan tetap perlu dilakukan karena studi tersebut dilakukan pada hewan percobaan, bukan manusia.

Tips mengonsumsi pepaya untuk pengidap diabetes

Seperti yang telah dijelaskan, kadar gula C. papaya cukup tinggi untuk pengidap diabetes. Bukannya tidak boleh sama sekali, tetapi Anda harus membatasi jumlah konsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *