March 5, 2021

diksinews

Membuat Kata Jadi Lebih Bermakna

7 Jenis Lapar, Ada yang Harus Dipenuhi dan Ada yang Mesti Diabaikan

2 min read

Lapar adalah pertanda untuk makan. Hanya saja, tak semua rasa lapar mencerminkan keinginan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi. Sebab, keinginan untuk makan juga dipengaruhi oleh pikiran, emosi, dan suasana saat tertentu.

Mengutip laman Boldsky, ada tujuh jenis lapar yang sebaiknya diketahui. Dengan begitu, kita bisa memberikan respons yang tepat, apakah menuruti atau mengalihkan lapar tersebut. Berikut detail dari tujuh jenis lapar:

  • Lapar pikiran
    Seperti namanya, rasa lapar ini dipengaruhi pikiran kita. Misalkan, saat merasa sedih, maka harus makan cokelat supaya lebih tenang; harus makan banyak protein karena meminimalisir asupan karbohidrat; dan lainnya.
  • Lapar hati
    Lapar hati punya nama lain yakni makan emosional. Mirip seperti lapar pikiran, lapar hati mengarahkan seseorang untuk melahap makanan karena sebab yang kurang logis. Misalkan ingin makan soto karena ingat soto buatan ibu, ingin makan permen yang sama seperti saat kecil, dan sebagainya.
  • Lapar mata
    Siapa yang tak ingin makan jika melihat deretan kue cantik di toko. Rasanya ingin mencoba dan menghabiskan semuanya. Inilah yang disebut dengan lapar mata. Penampilan makanan yang menggoda bikin kita tak dapat menahan diri untuk melahapnya.
  • Lapar hidung
    Mirip seperti lapar mata, lapar hidung membuat kita ingin menyantap makanan saat hidung mencium aroma makanan lezat. Aroma kopi, karamel, mentega, dan lainnya. Hidung mengantarkan indra tubuh yang lain agar tergerak memakan sesuatu.
  • Lapar mulut
    Lapar mulut ini agak berbahaya karena sulit terpuaskan. Tak peduli bagaimana tampilan dan aroma makanan, jika suatu hidangan dianggap enak di mulut, maka keinginan untuk makan bakal terus memburu hingga merasa bosan.
  • Lapar seluler
    Kelaparan seluler dikaitkan dengan kebutuhan nutrisi tertentu. Misalkan saat tubuh kekurangan vitamin B12, maka sebaiknya makan makanan yang mengandung vitamin tersebut. Biasanya lapar seluler dikaitkan dengan pola diet tertentu.
BACA JUGA  Kelaparan Tersembunyi, Apa Itu? Bagaimana Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *